Bagikan:

JAKARTA – Apple akan meluncurkan iOS 18 pada Senin, 16 September 2024. Meski tidak menyertakan Apple Intelligence, sistem terbaru untuk iPhone ini akan menghadirkan beberapa fitur baru.

Dilansir dari 9to5mac, ada tiga fitur baru yang akan Apple rilis, mulai dari opsi untuk menyesuaikan layar, layanan perpesanan yang baru, hingga kemampuan untuk menghubungkan iPhone ke Mac dengan mudah. Berikut ini beberapa penjelasannya.

Penyesuaian Baru di Layar Beranda

Setelah iOS 18 diluncurkan, pengguna iPhone yang kompatibel bisa menempatkan ikon aplikasi dan widget di mana saja pada layar Beranda. Pengguna juga tidak perlu menempatkan ikon dan widget berdampingan.

Selain itu, ada opsi untuk mengatur tampilan ikon agar berbeda dengan mode yang diaktifkan. Pengguna bisa memilih opsi Terang, Gelap, atau warna khusus lainnya. Ada juga kemampuan memperbesar dan memperkecil ukuran ikon.

Perubahan di Aplikasi Perpesanan

Fitur berikutnya akan ditemukan di aplikasi perpesanan buatan Apple. Bukan hanya satu, melainkan empat. Di iMessage untuk iOS 18, pengguna bisa menjadwalkan pengiriman pesan dan mengirimkan reaksi berupa emoji atau stiker.

Apple juga menambahkan lebih banyak efek pada teks baru. Terakhir, fitur yang paling penting adalah Rich Communication Services (RCS). Untuk pertama kalinya, iPhone akan menghadirkan alat komunikasi yang lebih baik dari SMS untuk menghubungkan Android dan iOS.

iPhone Mirroring

Fitur terakhir dan yang cukup banyak ditunggu adalah iPhone Mirroring, kemampuan untuk menghubungkan iPhone dan Mac dengan sangat cepat. Kemampuan ini tersedia jika iPhone menjalankan iOS 18 dan Mac menjalankan macOS Sequioa.

Hanya dengan satu klik, pengguna bisa mengendalikan iPhone dari Mac dengan sangat mudah. Selama iPhone Mirroring aktif, pengguna bisa membuka berbagai macam aplikasi iPhone melalui Mac, mulai dari menonton video YouTube, memutar lagu, atau membaca notifikasi.