Bersaing dengan Slack, Google Tambahkan Banyak Fitur Baru ke Google Chat
Fitur emoji baru Google Chat (foto: dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA - Emoji merupakan cara yang menarik bagi orang-orang untuk mengekspresikan diri mereka terhadap suatu pesan.

Karena itu, Google mengumumkan bahwa mereka akan membuat emoji menjadi lebih ekspresif dan dipersonalisasi dengan mengizinkan orang membuat emoji khusus di Google Chat.

"Semua orang di organisasi dapat melihat dan menggunakan emoji khusus yang diunggah oleh rekan kerja mereka di pesan dan reaksi Chat," kata Google dalam blognya, Senin, 24 Oktober. 

Kemampuan untuk memberikan reaksi terhadap pesan dari teman menggunakan emoji dan membuat emoji khusus di Chat akan diluncurkan secara bertahap. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam peluncuran fitur baru ini. Pertama-tama, hanya pelanggan Workspace yang merupakan bagian dari organisasi yang akan memiliki akses ke emoji khusus, dan mereka tidak akan tersedia untuk akun Google pribadi. 

Admin akan mendapatkan kesempatan pertama untuk mencoba alat tersebut, dan tentu saja akan memiliki kontrol penuh atas cara kerjanya untuk mereka. 

Admin dapat memilih apakah pengguna dapat mengunggah emoji khusus mereka sendiri atau tidak, serta mengatur orang-orang tertentu untuk bertindak sebagai pengelola emoji, yang akan memiliki hak veto atas unggahan.

Sebagai catatan, setelah menyiapkan emoji Obrolan khusus, Anda hanya dapat menggunakannya saat berkomunikasi satu sama lain, dan emoji tersebut tidak akan dapat diakses dalam percakapan dengan tamu eksternal.

Kontrol admin untuk perilisan fitur ini dijadwalkan akan dimulai hari ini, yaitu pada 24 Oktober. Kemudian akan diluncurkan kepada pengguna akhir pada 30 November nanti.