Bagikan:

JAKARTA - Pocket Casts, platform podcast paling kuat di dunia untuk iOS dan Android beberapa hari lalu mengumumkan bahwa aplikasi selulernya sekarang adalah open source

"Kami sangat senang dan bangga mengumumkan bahwa aplikasi seluler Pocket Casts sekarang open source!" kata perusahaan dalam pengumuman yang dibagikan di Twitter. 

Keputusan ini diambil setelah akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan induk WordPress, Automattic terhadap Pocket Casts bulan Juli lalu. 

"Kami sangat ingin mengambil langkah ini sejak bergabung dengan Automattic tahun lalu. Saya tahu bahwa open source adalah ide paling kuat dari generasi kami,” terangnya lebih lanjut. 

Perusahaan podcasting terbaik itu percaya bahwa podcasting tidak dapat dan tidak boleh dikontrol oleh Apple dan Spotify, dan sebaliknya mendukung ekosistem klien pihak ketiga yang beragam.

Diluncurkan pada tahun 2010, Pocket Casts dengan cepat menjadi standar dalam industri podcasting karena fitur-fiturnya yang inovatif untuk mendengarkan, mencari, dan menemukan podcast serta desain yang ramping dan opsi penyesuaian. 

Dengan Pocket Casts yang dibuat menjadi open source, sekarang semua orang dapat mengakses kode untuk membantu menjadikannya lebih baik seperti memperbaiki bug, menambahkan fitur baru, bahkan membayarnya untuk membangun layanan pesaing mereka sendiri di atas basis kode Pocket Cast. 

"Kami memilih Mozilla Public License karena kami ingin mendorong semua pengembang untuk berbagi modifikasi yang mereka buat pada kode," ujar perusahaan. 

Sementara itu, di luar dari pengumuman open source nya, tim Pocket Casts masih akan terus menambahkan fitur baru, memperbaiki bug, dan memperluas penawaran ke dalam layanan Plus nya. 

Pocket Casts diketahui memiliki dua variasi tingkatan, yang pertama adalah varian gratis dan yang kedua adalah varian Pocket Cast Plus. 

Pocket Casts saat ini sudah tersedia untuk Android, iOS dan web, serta Amazon Echo, CarPlay, Android Auto, Sonos, Apple Watch, Chromecast, dan HomePod (melalui Google Cast dan Airplay 2).