Kebanyakan Inovasi dan Janji, Ini Produk Baru Tesla yang Dijanjikan Elon Musk Namun Meleset
Elon Musk, banyak janji yang belum diwujudkan. (foto: dailymail)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah berbulan-bulan persiapan, Elon Musk akhirnya merilis robot humanoid AI pertama Tesla,  yang disebut Optimus pekan lalu.

Optimus, yang pertama kali diumumkan pada Agustus tahun lalu, menerima sambutan meriah di acara AI Day perusahaan di California pada Jumat, 30 September.

Musk mengatakan Tesla berencana untuk menjual robot dengan harga 'mungkin kurang dari 20.000'  dolar AS dalam tiga hingga lima tahun. Ini berarti bagi penggemar Tesla harus menunggu lebih lama lagi untuk mendapatkan teknologi yang paling dinanti perusahaan.

Setelah pengumuman itu, MailOnline telah melihat produk Tesla yang telah diumumkan tetapi masih belum dirilis, termasuk Cybertruck, Robotaxi dan Roadster generasi kedua.

Optimus, robot humanoid Tesla setinggi hampir enam kaki, akhirnya diluncurkan dengan benar untuk pertama kalinya setelah banyak antisipasi di acara 'Hari AI' perusahaan.

Optimus dapat berjalan dengan kecepatan lima mil per jam, mengangkat 150 pon dan membawa 45 pon.

Ini termasuk komputer Autopilot yang digunakan dalam mobil listrik perusahaan, yang memungkinkan humanoid untuk mengenali objek dunia nyata.

Robot ini telah dirancang untuk menangani tugas 'berbahaya dan membosankan' di pabrik dan pengaturan lainnya, meskipun akan 'ramah' dan membuat 'teman yang sangat baik', seperti hewan peliharaan.

Robot itu harus dapat menangani berbagai pekerjaan, mulai dari memasang baut ke mobil dengan kunci pas, hingga mengambil bahan makanan di toko.

Sementara itu, layar di wajah bot adalah antarmuka interaktif untuk berkomunikasi dengan orang-orang.

CYBERTRUCK

Cybertruck, truk pick-up bertenaga listrik Tesla yang sangat tangguh, mungkin merupakan produk Telsa yang paling populer. Musk menyebutnya sebagai 'magnum opus kami'. Namun tiga tahun setelah dipamerkan, masih belum masuk produksi.

Cybertruck, yang terlihat seperti kendaraan lapis baja dengan bodi bersudut futuristik, diumumkan dan ditampilkan di studio desain Tesla di Hawthorne, California pada November 2019.

Rencananya kendaraan itu akan mulai diproduksi pada tahun 2021, tetapi ini didorong kembali ke 2022, dan sekali lagi ke tahun depan.

Musk sebelumnya menyalahkan masalah pasokan baterai atas keterlambatan tersebut, dengan mengatakan bahwa setiap Cybertruck akan 'benar-benar berharga satu juta dolar per unit atau lebih' jika Tesla mulai memproduksi kendaraan futuristik pada tahun 2021.

Pikap, yang menurut Musk akan menelan biaya 39.900  dolar AS dan lebih tinggi, akan memiliki perkiraan jangkauan baterai hingga 500 mil.

Pekan lalu, Musk mengklaim produk Cybertruck dari perusahaan yang sangat tertunda akan memiliki kemampuan di air dan juga di darat.

“Cybertruck akan cukup tahan air untuk berfungsi sebentar sebagai perahu, sehingga dapat melintasi sungai, danau, dan bahkan laut yang tidak terlalu berombak,” tulis miliarder itu di Twitter. “Kendaraan ini harus bisa pergi dari Starbase ke Pulau Padre Selatan, yang mengharuskan menyeberangi selat.”

Tesla membanggakan bahwa kerangka luar monokrom mobil yang hampir tidak dapat ditembus memberikan perlindungan maksimal bagi penumpang, bersama dengan kaca ultra-kuat yang menyerap dan mengalihkan gaya benturan.

Namun Elon Musk sempat malu selama demonstrasi langsung mobil pada tahun 2019 ketika kaca Cybertruck ternyata bisa pecah.

Prototipe truk yang lebih baru, yang dipamerkan selama acara Cyber ​​Rodeo di Texas pada bulan April, tidak memiliki pegangan di pintunya.

Musk mengatakan 'mobil dapat memberitahu bahwa Anda berada di sana dan hanya tahu bahwa itu perlu dibuka'.

CYBERQUAD

Cyberquad, sepeda quad dua tempat duduk, pertama kali dipamerkan bersamaan dengan Cybertruck, pada November 2019.

Kendaraan segala medan, yang memiliki desain sudut khas truk, dimaksudkan untuk dirilis pada saat yang sama dengan Cybertruck.

Musk mengatakan Cyberquad akan tersedia sebagai aksesori opsional untuk Cybertruck, karena mereka awalnya dirancang sebagai pasangan.

Meskipun keduanya belum memasuki produksi, Tesla telah membuat beberapa penggemar mudanya senang dengan versi Cyberquad yang diperkecil.

Pada Desember 2021, Tesla merilis Cyberquad for Kids, yang menampilkan sepeda motor empat roda dengan  rangka baja, kursi empuk, suspensi yang dapat disesuaikan, rem cakram belakang, dan bilah lampu LED.

Didukung oleh baterai lithium-ion, Cyberquad for Kids memiliki jangkauan 15 mil dan kecepatan tertinggi 10 mil per jam.

Namun, konsumen masih menunggu versi skala penuh dari sepeda quad, yang bahkan bisa tiba setelah Cyberquad keluar.

SEMI

Semi menjadi tugas berat Tesla saat pertama kali diumumkan kembali pada tahun 2017 tetapi lima tahun kemudian masih belum memasuki pasar.

Truk besar, yang memiliki panjang 20 kaki, dapat mencapai 60 mil per jam dengan beban 80.000 pon dan ditujukan untuk pengemudi jalan raya.

Menurut spesifikasi di situs web Tesla, ia memiliki akselerasi yang mengesankan, dari 0-60 mph dalam 20 detik.

Semi memiliki sistem mengemudi semi-otonom Tesla, yang dirancang untuk menjaga kendaraan tetap di jalurnya tanpa melayang, dan dapat bertransisi dari satu jalan bebas hambatan ke jalan bebas hambatan lainnya tanpa campur tangan manusia.

Versi dasar Semi akan menelan biaya sekitar 150.000 dolar AS dan dapat melakukan perjalanan hingga 300 mil dengan biaya, sementara model jarak 500 mil akan berharga 180.000 dolar AS.

Musk baru-baru ini men-tweet bahwa Semi dari Tesla dengan jarak tempuh 500 mil akan mulai dikirimkan tahun ini, sedangkan Cybertruck akan dikirimkan mulai tahun depan.

Prototipe Semi telah terlihat di California, pada bulan Juni,  bahkan difilmkan untuk membantu pemasangan pengisi daya kendaraan.

Produk ini juga dipajang di fasilitas manufaktur Tesla seluas 2.500 hektar di Texas selama acara Cyber ​​Rodeo pada bulan April.

ROADSTER

Seperti Semi, Tesla Roadster generasi kedua, mobil sport megah dengan 'percepatan rekor', diumumkan lima tahun lalu dan masih dalam pengembangan.

Harganya ditetapkan mulai dari 200.000 dolar AS, versi terbaru dari kendaraan produksi pertama Tesla dari tahun 2008 dapat menempuh jarak 620 mil dengan sekali pengisian. Ini bisa menjadi  - rekor baru untuk kendaraan listrik.

Kecepatan maksimumnya lebih dari 250 mil per jam, yang akan menjadikannya mobil listrik tercepat yang produksi secara umum.

Musk mengatakan Roadster baru harus dikirim pada 2023, dengan ketentuan tahun 2022  tidak terjadi kesulitan dalam hal masalah rantai pasokan.

Gilliland, direktur pelaksana di Concenture Wealth Management.

Musk juga sebelumnya mengatakan di podcast komedian Joe Rogan bahwa Roadster adalah prioritas yang lebih rendah. Ia hanya menyebutnya sebagai 'makanan penutup'. “Kita harus mendapatkan daging dan kentang dan sayuran dan sebagainya,” katanya.

Roadster generasi pertama sebenarnya mulai dijual pada 2008 dan dijual hingga 2012, ketika Model S diperkenalkan.

ROBOVAN

Musk juga mengatakan bahwa Tesla sedang mengerjakan robot self-driving van, yang disebut 'Robovan' atau 'Robotaxi', yang dirancang untuk mengangkut orang dan kargo.

Kembali pada bulan April di acara Cyber ​​Rodeo, Musk berkata: "Akan ada robotaxi khusus yang akan terlihat cukup futuristik."

Dalam serangkaian tweet di bulan Juli, CEO ini membagikan beberapa detail potensial dari Robovan, yang akan berfungsi sebagai shuttle taksi.

“Produk ini bisa muncul dengan 'kanopi tenaga surya opsional yang memanjang kedua sisi van, tiga kali lipat luas atap', katanya.

"Sebuah van akan memiliki atap yang lebih tinggi, sehingga Anda bisa berdiri atau duduk di bawahnya untuk berteduh," kata Musk.

Musk juga mengomentari rendering pengguna tentang seperti apa Robovan itu. Tidak diketahui seberapa jauh perkembangan Tesla dengan Robovan, atau berapa biayanya.

Mobil Seharga 25.000 Dolar AS

Pada tahun 2020, Musk mengatakan Tesla mengharapkan mobil listrik seharga 25.000 dolar AS dalam waktu tiga tahun, meskipun kendaraan yang dimaksud hingga kini juga belum tiba.

Mobil akan 'setara atau sedikit lebih baik daripada mobil bensin yang sebanding', Musk mengklaim pada presentasi Tesla Battery Day September itu.

Musk mengatakan pada saat itu: "Tesla akan membuat kendaraan listrik seharga 25.000 dolar AS yang juga sepenuhnya otonom."

Namun, pembaruan dari CEO pada Januari lalu mengungkapkan bahwa Tesla tidak mengerjakan mobil saat ini karena terlalu banyak pekerjaan menumpuk.

Tesla belum merilis kendaraan baru sejak Model Y pada tahun 2020, tetapi Musk telah menjanjikan 'gelombang besar produk baru' pada tahun 2023.

Cybertruck, Semi dan Roadster semuanya dapat dikirimkan ke pembeli tahun depan, meskipun tanggal rilis yang diproyeksikan untuk produk Tesla sebelumnya telah dipaksa mundur beberapa kali dan dapat ditunda lagi.