WhatsApp Sebentar Lagi Akan Blokir Tangkapan Layar dari Pesan View Once
WhatsApp tidak akan memberi tahu pengirim bahwa penerima pesannya mencoba mengambil tangkapan layar (foto: Dok. WABetaInfo)

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp sebentar lagi sepertinya akan mulai meluncurkan fitur yang dapat menghalau penggunanya mengambil tangkapan layar dari pesan View Once.

Menurut laporan WABetaInfo, Kamis, 6 Oktober, dari unggahannya terlihat jika pengguna mencoba mengambil tangkapan layar dari pesan View Once maka pengguna akan mendapatkan pesan pop-up "Tidak dapat mengambil tangkapan lauar karena kebijakan keamanan".

Bahkan, jika pengguna mencoba mengambil tangkapan layar dengan aplikasi atau ekstensi pihak ketiga sekalipun, hasilnya hanya akan memperlihatkan layar hitam.

WABetaInfo mengatakan, WhatsApp tidak akan memberi tahu pengirim bahwa penerima pesannya mencoba mengambil tangkapan layar, seperti yang dilakukan Snapchat.

Belum diketahui pasti kapan fitur tersebut akan tersedia untuk semua pengguna, "Kami sedang menguji fitur ini sekarang, dan sangat bersemangat untuk meluncurkannya segera kepada pengguna," kata WhatsApp dikutip dari Metro.

Fitur View Once diluncurkan pada 2021 kemarin, dimana pengguna dapat mengirim pesan, termasuk foto dan video satu sama lain yang memiliki waktu tertentu sebelum pesan itu menghilang.

Sayangnya, banyak pengguna yang masih bisa mengambil tangkapan layar sebelum pesan menghilang, maka dari itu demi keamanan bos WhatsApp Mark Zuckerberg menyatakan akan meluncurkan fitur blokir tangkapan layar yang diklaim akan menyelesaikan masalah tersebut.