USB 4 versi 2.0 Diklaim Miliki Kecepatan Hingga 80 Gbps, Lebih Cepat dari Thunderbolt 4
USB 4 versi 2.0 diklaim paling cepat diantara tipe USB lainnya. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA -  USB versi berikutnya diklaim bisa menjadi salah satu konektor tercepat yang pernah ada . USB Promoter Group mengatakan bahwa USB 4 versi 2.0 akan memiliki koneksi kecepatan hingga 80 Gbps. Ini  dua kali lipat dari USB 4 asli, dan bahkan Thunderbolt 4.

Spesifikasi teknis aktual dari USB Implementers Forum, yang bertanggung jawab atas standar itu sendiri, belum dirilis. Namun  tetapi detail yang keluar saat ini sedikit menakjubkan. Grup Promotor menulis dalam siaran pers bahwa kabel USB 4 versi 2.0 akan menggunakan konektor USB-C.

“Karakteristik utama dari solusi USB4 yang diperbarui meliputi: Hingga 80 Gbps operasi, berdasarkan arsitektur lapisan fisik baru, menggunakan kabel pasif USB Type-C 40 Gbps yang ada dan kabel aktif USB Type-C 80 Gbps yang baru ditentukan,” kata USB Implementers Forum dalam siaran persnya.

Joe Balich, juru bicara USB-IF, menegaskan bahwa saat kabel USB 4 sekarang yang dinilai 40 Gbps, sebenarnya itu akan mampu melakukan dua kali kecepatan tersebut di masa depan.

Balich tidak menjelaskan bagaimana hal itu mungkin secara teknis tetapi ia mengatakan bahwa manfaat ini dibuat sebagai persyaratan ketika spesifikasi baru dikembangkan dan secara spesifik bagaimana pensinyalan 80 Gbps dicapai akan diungkapkan setelah spesifikasi akhir dirilis. Rilis itu tampaknya muncul sebelum acara  USB DevDays yang dijadwalkan berlangsung pada 1 dan 2 November di Seattle dan 15 dan 16 November di Seoul.

Menurut USB Promoter Group, yang terdiri dari perusahaan seperti Intel, Apple, Microsoft, HP, dan Texas Instruments, spesifikasi pengiriman daya dan USB-C akan diperbarui untuk "mengaktifkan kinerja data tingkat yang lebih tinggi ini."

Spesifikasi USB 4 versi 2.0 juga tampaknya akan menyertakan pembaruan yang memberikan kecepatan lebih baik saat Anda menggunakan USB 3.2,   serta dukungan yang ditingkatkan untuk DisplayPort dan PCIe karena akan menggunakan versi terbaru dari standar tersebut.  USB 4 versi 1.0 atau versi pertama hanya memungkinkan Anda menggunakan DisplayPort 1.4a saat "tunnelling", atau membawa sinyal DisplayPort dan USB secara bersamaan.

 Ini adalah langkah aneh untuk memberi label ini hanya sebagai "versi 2.0" dari USB 4 ketika lompatan kecepatan  seperti itu perlu disebut USB 5. Namun, standarnya telah membingungkan selama beberapa tahun ini. Pasalnya USB 3.2  sebenarnya miliki beberapa standar yang berbeda: USB 3.2 Gen 1 (alias USB 3.0 asli), USB 3.2 Gen 2, USB 3.2 Gen 1×2, dan USB 3.2 Gen 2×2..

USB 4 menyederhanakan ini karena pada dasarnya memiliki spesifikasi dan kemampuan yang sama dengan Thunderbolt 3, tetapi sekarang tampaknya  akan kembali ke skema penamaan yang sedikit lebih membingungkan.

Siaran pers mengatakan bahwa pembaruan tersebut “secara khusus ditargetkan untuk pengembang saat ini,” dengan panduan branding dan pemasaran akhir yang akan datang nanti. Namun, menarik untuk melihat apa yang ada di dalam pipa dan membayangkan dapat mentransfer data senilai 4K Blu-ray dalam waktu sekitar lima detik.