Bagikan:

JAKARTA - Apple terus menggunakan konektor USB-C pada iPhone 16, namun fitur kecepatan transfer data USB 3 masih tetap eksklusif untuk model Pro. Seperti pada iPhone 15 sebelumnya, hanya iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max yang mendukung kecepatan transfer USB 3, sementara model non-Pro seperti iPhone 16 dan iPhone 16 Plus hanya memiliki kecepatan USB 2.

Berdasarkan informasi di situs resmi Apple, meskipun semua model iPhone 16 kini menggunakan port USB-C, hanya model Pro yang mendukung kecepatan transfer data hingga 10Gbps melalui USB 3.

Sebagai perbandingan, koneksi USB 2.0 hanya mampu mentransfer data hingga 480Mbps. Hal ini membuat model Pro jauh lebih efisien untuk mentransfer file berukuran besar, seperti video beresolusi tinggi, ke komputer atau penyimpanan eksternal.

Fitur kecepatan USB 3 ini juga memungkinkan pengguna iPhone 16 Pro untuk merekam video ProRes langsung ke SSD. Namun, Apple tidak menyertakan kabel yang kompatibel dengan USB 3 dalam kotak penjualan, seperti yang juga terjadi pada iPhone 15 Pro.

Pengguna yang ingin memanfaatkan koneksi USB 3 perlu membeli kabel USB-C tambahan, mengingat Apple hanya menyediakan kabel Thunderbolt 4 yang juga kompatibel dengan USB 3, namun dijual dengan harga  69 dolar AS (Rp1 juta). Pengguna juga bisa menemukan kabel USB 3 yang lebih terjangkau di pasaran.

Pre-order untuk iPhone 16 akan dimulai pada 13 September 2024, dan peluncuran resminya dijadwalkan pada 20 September 2024.