Bagikan:

JAKARTA - Semua model iPhone 16 yang diluncurkan pekan ini, kini mendukung pengisian cepat hingga 45W melalui port USB-C, berdasarkan sertifikasi baru dari China Quality Certification Centre, badan regulasi di China. Informasi ini pertama kali terungkap oleh ShrimpApplePro di platform X.

Sertifikasi tersebut menunjukkan bahwa iPhone 16 diuji pada tegangan 5-15 volt dan arus 3 ampere, yang setara dengan hingga 45 watt. Ini lebih dari 50% lebih cepat dibandingkan dengan iPhone 15 yang hanya mendukung pengisian cepat antara 27-29W, dan bahkan tidak mencapai 30W.

Meskipun rumor sebelumnya menyebutkan bahwa model iPhone 16 akan mendukung pengisian yang lebih cepat, Apple tidak memberikan pernyataan resmi mengenai kecepatan pengisian melalui kabel pada model terbaru ini.

Apple hanya menyebutkan bahwa MagSafe kini mampu mengisi daya hingga 25W jika dipasangkan dengan adaptor daya yang sesuai, tanpa membahas detail tentang pengisian menggunakan kabel.

Hal ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan karena Apple sering kali tidak banyak berkomentar tentang pengisian daya melalui kabel. Contohnya, iPhone telah mampu mengisi daya lebih dari 25W selama beberapa tahun terakhir, mendekati 30W, namun Apple hanya menyatakan secara resmi bahwa pengisian cepat bisa dilakukan dengan adaptor USB-C 20W.

Apple memperkenalkan iPhone 16 dan iPhone 16 Pro pada Senin 9 September, dengan pemesanan awal dimulai pada Jumat 13 September. Pengiriman akan dimulai pada 20 September. Fitur terbaru iPhone 16 mencakup tombol khusus untuk pengaturan kamera, layar lebih besar pada model Pro, dan Apple menyebutnya sebagai ponsel pertama mereka yang dibangun untuk "Apple Intelligence.