Bagikan:

JAKARTA – Android 15 telah dikembangkan selama beberapa bulan sejak diperkenalkan di acara Google I/O 2024 dan versi finalnya sudah tersedia. OS terbaru ini akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Melalui blog khusus pengembang, Google mengatakan bahwa Android 15 akan diluncurkan ke ponsel tertentu buatan Samsung, Honor, iQOO, Lenovo, Motorola, Nothing, OnePlus, Oppo, realme, Sharp, Sony, Tecno, vivo, dan Xiaomi. OS itu juga akan tersedia di Pixel.

Saat diluncurkan, pengguna ponsel akan melihat banyak pembaruan di OS tersebut, mulai dari fitur baru, peningkatan fitur, hingga perbaikan bug. Berikut ini beberapa fungsionalitas yang bisa ditemukan pengguna Android 15, dikutip dari The Verge.

Ruang Pribadi

Beberapa ponsel, seperti Samsung misalnya, sudah memiliki fitur ini di perangkat yang mereka buat, tetapi masih banyak model ponsel yang tidak memiliki fitur ini. Setelah Android 15 diluncurkan, seluruh ponsel akan mendapatkan Ruang Pribadi.

Fitur ini merupakan ruang terpisah yang dibuat khusus untuk menyimpan hal penting, seperti Second Space di ponsel Xiaomi. Saat Ruang Pribadi diaktifkan, pengguna akan melihat tampilan ponsel yang berbeda. Ruang ini bisa digunakan untuk menyimpan aplikasi atau data sensitif.

Rekaman Layar Sebagian

Fitur screen recording atau rekaman layar bisa ditemukan di berbagai ponsel Android, tetapi tidak dengan rekaman layar sebagian. Fitur ini merupakan terobosan baru bagi pengguna ponsel yang hanya ingin merekam sebagian layar.

Saat Android 15 diluncurkan, fitur ini akan ditambahkan ke bagian alat perekaman Android dan bisa digunakan seperti alat perekaman layar biasa. Anda mungkin menemukan fitur ini di beberapa aplikasi karena pengembang bisa menambahkan fiturnya ke aplikasi mereka.

Pratinjau Widget

Fitur menarik lainnya yang akan tersedia di Android 15 adalah pratinjau widget untuk ponsel. Biasanya, fitur ini hanya bisa ditemukan di tablet berbasis Android. Saat pengguna ponsel ingin menambahkan widget baru, mereka bisa melihat seperti apa tampilannya sebelum ditambahkan.

Pesan Darurat Satelit

Berikutnya adalah penambahan fitur pengiriman pesan berbasis satelit. Fitur ini dibuat khusus untuk keadaan darurat, biasa disebut dengan istilah SOS, di lokasi yang mendukung. Fitur ini juga tersedia di Android 14, tetapi khusus di AS.

Untuk saat ini, dukungan pesan SOS dengan bantuan satelit hanya terlihat di ponsel Pixel. Dukungan jaringan satelit ini tidak berlaku untuk layanan SMS biasa, tetapi juga berlaku pada MMS atau pesan dengan media dan RCS.