Bagikan:

JAKARTA – Google mulai merilis Chrome Canary untuk perangkat Android mulai 12 Oktober lalu. Melalui pembaruan tersebut, tampilan bilah alamat yang berada di bagian atas akan dipindahkan ke sisi layar yang lain. 

Menurut laporan 9to5google, Chrome Canary dengan versi 131.0.6772.0 beta akan memindahkan bilah alamat ke bagian bawah. Meski hanya posisi bilah alamat yang mengalami perubahan, tampilan antarmuka Chrome terlihat sangat berbeda dari sebelumnya.

Pada tampilan terbaru ini, seluruh ikon dan fitur yang sejajar dengan bilah alamat akan dipindahkan ke bagian bawah, termasuk ikon titik tiga vertikal di sudut kanan. Saat diketuk, ikon akan menampilkan deretan menu seperti biasanya tanpa mengubah urutan menunya.

Desain terbaru ini mirip dengan rencana Google beberapa tahun lalu. Pada tahun 2016, perusahaan itu juga ingin mengubah bilah alamat, pengalih tab, dan menu lainnya yang sebelumnya ada di bagian atas layar menjadi ke bagian bawah layar.

Hanya saja, desain Chrome Canary saat ini jauh lebih sederhana dan lengkap dibandingkan dengan tahun 2016, di mana tampilannya masih sangat kaku. Namun, perubahan baru ini masih dalam tahap awal. 

Untuk saat ini, perubahan baru terlihat pada bilah alamat. Jika pengalih tab diketuk, tampilannya masih sama seperti sebelumnya dengan menu Tab Baru di sisi kiri atas layar dan ikon titik tiga vertikal di sisi kanan atas layar. 

Tampilan baru ini belum diluncurkan secara luas. Selain dirilis di Chrome versi Canary, hanya pengguna Pixel 9 Pro dengan Android 15 QPR1 Beta 2 yang bisa melihat fitur ini. Belum diketahui kapan versi stabilnya akan dirilis secara luas ke seluruh pengguna.