Bagikan:

JAKARTA – NASA mengumumkan Crew-8, kelompok ekspedisi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), akan pulang besok Minggu, 13 Oktober. Seperti biasanya, kru akan pulang dengan pesawat Dragon.

NASA dan SpaceX, perusahaan yang mengembangkan pesawat antariksa Dragon, menargetkan peluncuran pada pukul 18.05 WIB. Namun, tanggal dan jam ini akan disesuaikan kembali dengan kondisi cuaca.

Jika memungkinkan, Dragona diperkirakan akan mendarat pada 15 Oktober pukul 00.38 WIB. Hingga saat ini, manajer misi masih melakukan pemantauan kondisi cuaca untuk memastikan pesawat Dragon bisa lepas dari ISS tanpa masalah. 

"Pelepasan Dragon bergantung pada berbagai faktor, termasuk kesiapan wahana antariksa, kesiapan tim pemulihan, cuaca, kondisi laut, dan faktor-faktor lainnya . NASA akan memilih waktu pendaratan dan lokasi tertentu yang lebih dekat," ungkap NASA melalui situs resminya. 

Misi Crew-8 akan membawa empat kru pulang. Keempat awak pesawat tersebut adalah Astronot NASA Matthew Dominick, Michael Barratt, dan Jeanette Epps, serta kosmonot Roscosmos Alexander Grebenkin. 

Dominick dan ketiga rekannya telah menghabiskan waktu selama tujuh bulan di ISS untuk menyelesaikan ekspedisi sains. Mereka mengerjakan berbagai penelitian penting dan sensitif terhadap waktu Bumi. 

Proses kepulangan Crew-8 akan disiarkan secara daring di saluran NASA+. Lembaga antariksa AS itu akan memperlihatkan proses penutupan palka hingga pesawat Dragon melakukan docking.