Bagikan:

JAKARTA – Tidak hanya Android, pengguna iPhone dan iPad juga bisa menyembunyikan aplikasi agar tidak dilihat orang lain. Pengguna bahkan bisa menyembunyikan aplikasi dengan mudah berkat pembaruan iOS 18.

Di versi sistem operasi (OS) terbaru ini, Apple memberikan kemudahan bagi para pengguna yang ingin menjaga privasi mereka. Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur ini di iPhone maupun iPad, berikut ini cara melakukannya, dilansir dari How to Geek.

Sembunyikan Aplikasinya di iPhone dan iPad

Sebelum mengakses fitur ini, pastikan bahwa iPhone atau iPad yang Anda gunakan sudah beralih ke iOS 18. Meski versi OS lainnya juga bisa menyembunyikan aplikasi, caranya akan lebih rumit dan tidak semudah iOS 18.

Setelah memperbarui OS-nya, kini Anda bisa membuka halaman utama atau Beranda, lalu klik dan tekan aplikasi yang ingin disembunyikan. Saat pop-up menu muncul, pilih opsi Memerlukan Face ID untuk iPhone atau opsi Memerlukan Touch ID untuk iPad

Setelah memilih opsinya, jendela kecil akan muncul di tengah layar dengan dua tombol yang bisa dipilih. Apple akan bertanya apakah Anda hanya ingin 'Memerlukan ID Face' atau 'Menyembunyikan dan Memerlukan ID Face'.

Opsi pertama tidak akan menghilang ikon aplikasi dari Beranda. Aplikasi akan tetap ada, tetapi terkunci dan hanya bisa diakses oleh pemiliknya. Jika ingin sembunyikan aplikasi sepenuhnya, Anda bisa memilih opsi kedua. 

Jika sudah memilih opsi kedua, aplikasi akan hilang dari Beranda. Anda tidak akan menerima pemberitahuan apa pun dari aplikasi dan tidak akan menemani ikon aplikasinya di Spotlight atau di menu Aplikasi yang ada di Pengaturan.