Bagikan:

JAKARTA – Pengguna iPhone dan iPad bisa mengunci aplikasi dengan mudah. Ketika aplikasi sudah kunci, pengguna harus masuk dengan akses yang sudah disetujui sebelumnya, seperti Face ID atau Touch ID.

Ada beberapa alasan untuk mengunci aplikasi di iPhone dan iPad. Anda bisa menjaga data sensitif dari orang lain, melindungi informasi penting, atau menyembunyikan konten rahasia. Jika Anda tertarik untuk mengunci aplikasi, berikut caranya dilansir dari How to Geek.

Kunci Aplikasi iPhone dan iPad

Sebelum mengunci aplikasi, Anda harus melakukan autentikasi wajah dan sidik jari melalui fitur Face ID atau Touch ID. Aplikasi yang dikunci akan tetap terlihat di layar Beranda, tetapi tidak bisa diakses dengan mudah seperti sebelumnya.

Hanya pemilik perangkat yang bisa membuka aplikasi karena kuncinya mengandalkan autentikasi biometrik. Jika Anda sudah melakukan autentikasi biometrik, Anda bisa mengunci aplikasi melalui tahapan berikut ini.

  1. Pilih aplikasi yang ingin dikunci di layar Beranda.
  2. Ketuk dan tahan aplikasinya hingga muncul deretan menu.
  3. Pilih Perlukan Face ID untuk mengunci iPhone.
  4. Untuk mengunci iPad, pilih Perlukan Touch ID.
  5. Saat pop-up menu muncul, ketuk opsi Perlu Face ID atau Perlu Touch ID.
  6. Lakukan tahapan secara berulang setiap mengunci aplikasi.

Jika aplikasi yang Anda tekan tidak menampilkan opsi penguncian, aplikasi tersebut memang tidak bisa dikunci. Apple memang membatasi penguncian di beberapa aplikasi seperti Pengaturan, Jam, Pintasan, Peta, Kalkulator, Kontak, dan lainnya.