Cara Mengaktifkan iMessage di iPhone: Gak Usah Panik Ikuti Beberapa Langkah Ini
Cara Mengaktifkan iMessage di iPhone (FOTO: Arnel Hasanovic - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Untuk mengirim dan menerima iMessage ke iPhone Anda, iMessage harus diaktifkan. Kali ini kita baka cari tahu cara mengaktifkan iMessage di iPhone.

Dengan melakukan ini, Anda akan mengaitkan nomor telepon Anda dengan alamat email yang digunakan untuk ID Apple atau akun iCloud Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima "gelembung teks biru" saat mengobrol dengan pengguna iPhone, iPad, dan Mac lainnya.

Saat iMessage diaktifkan, iMessage dikirim menggunakan koneksi Wi-Fi atau data seluler saat koneksi Wi-Fi tidak tersedia.

Saat iMessage tidak diaktifkan, Anda akan menerima semua pesan ke ponsel Anda sebagai pesan teks SMS atau MMS, jika sudah diaktifkan — yang dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki batas data bulanan.

Jika Anda baru saja membeli iPhone baru dan sudah mengaturnya menggunakan ID Apple Anda, iMessage sudah diaktifkan dan siap digunakan.

Tetapi jika iMessage tidak diaktifkan, inilah cara melakukannya.

Cara Mengaktifkan iMessage di iPhone

IPhone (Gambar  Bagus Hernawan - Unsplash)
Aplikasi iPhone (Gambar Bagus Hernawan - Unsplash)

Untuk mengaktifkan dan menggunakan iMessage, iPhone atau iPad Anda harus terhubung ke internet melalui Wi-Fi atau data seluler. Selain itu, Anda harus masuk ke akun iCloud di perangkat Anda. Karena iPad juga dapat mengirim pesan teks, proses aktivasi iMessage sama dengan iPhone.

Jadi, ikuti langkah-langkah ini untuk mengaktifkan layanan iMessage:

  1. Luncurkan aplikasi Pengaturan di iPhone atau iPad Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk Pesan.
  3. Aktifkan sakelar untuk iMessage.

Sekarang, iMessage diaktifkan di perangkat Anda, sehingga Anda dapat mulai mengirim pesan ke teman Anda dengan perangkat Apple menggunakan aplikasi Pesan.

Penting untuk membedakan antara teks SMS/MMS standar dan teks iMessage. iPhone atau iPad Anda menampilkan pesan iMessage dalam gelembung biru dan pesan SMS/MMS biasa dalam gelembung hijau.

Aktifkan iMessage di Macbook

Mengaktifkan iMessage di Mac adalah proses yang berbeda dari pada iPhone dan iPad. Anda harus melalui aplikasi Pesan itu sendiri untuk mengatur iMessage. Untuk mengaktifkan iMessage di Mac:

  • Buka Pesan di Mac Anda.
  • Masukkan ID Apple dan kata sandi Anda.
  • Selanjutnya, klik Masuk.

Sekarang Anda dapat mengirim iMessage dari Mac Anda dengan mudah. Jika Anda ingin pesan Anda disinkronkan di beberapa perangkat, pastikan Anda telah mengaktifkan iMessage di iCloud.

Anda juga dapat mengonfigurasi pengaturan ke tempat iMessage akan menggunakan nomor telepon Anda untuk memulai dan melanjutkan percakapan meskipun Anda menggunakan perangkat lain.

Jadi setelah mengetahui cara mengaktifkan iMessage di iPhone, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!