Whatsapp Bisa Diakses dengan Proxy di Negara yang Memblokir Layanannya
Whastapp kini bisa diakses dengan proxy. (foto: twitter @whatsapp)

Bagikan:

JAKARTA – Anak perusahaan Meta Platforms Inc., WhatsApp, mengumumkan pada Kamis 5 Desember bahwa pengguna aplikasi perpesanan itu sekarang akan dapat menggunakan server proxy untuk mengakses layanan di negara-negara tempat aplikasi tersebut diblokir.

Server proxy adalah perantara antara pengguna dan layanan web dan bertindak sebagai filter web yang memungkinkan netizen untuk menghindari pembatasan dan penyensoran.

WhatsApp mengatakan dukungan proxy pada aplikasi kini secara resmi tersedia untuk pengguna dengan versi terbaru.

Pengguna di negara-negara seperti Iran dan Suriah telah menggunakan layanan jaringan pribadi virtual (VPN) untuk bernavigasi seputar sensor internet.

Seperti dikutip Reuters, Whatsapp mengatakan, "jika penutupan ini berlanjut, kami berharap solusi ini membantu orang-orang di mana pun ada kebutuhan akan komunikasi yang aman dan andal."

WhatsApp "akan melakukan apa saja" dalam kapasitas teknisnya untuk menjaga layanan tetap dapat diakses dan tidak memblokir nomor telepon Iran, kata layanan perpesanan itu pada bulan September.

Iran sendiri telah membatasi akses ke Instagram dan WhatsApp dari Meta setelah kerusuhan pecah sebagai tanggapan atas kematian Mahsa Amini gadis berusia 22 tahun, yang ditangkap oleh polisi moralitas di Teheran karena "pakaian yang tidak pantas".