Sony Luncurkan <i>Project Leonardo</i>, Pengontrol untuk <i>Gamer</i> Disabilitas
Sony perkenalkan pengontrol baru untuk PS5 (foto: @PlayStation)

Bagikan:

JAKARTA - Sony Interactive Entertainment (SIE) mengumumkan Project Leonardo untuk PlayStation 5 dalam rangkaian acara Consumer Electronics Show (CES) 2023.

Project Leonardo adalah nama kode Sony untuk pengontrol baru yang sangat dapat disesuaikan kit yang berfungsi “di luar kotak” untuk membantu banyak pemain penyandang disabilitas bermain gim dengan lebih mudah, lebih nyaman, dan untuk waktu yang lebih lama.

"Project itu dibangun untuk mengatasi tantangan umum yang dihadapi oleh banyak pemain dengan kontrol motorik terbatas, termasuk kesulitan memegang pengontrol untuk waktu yang lama, menekan sekelompok kecil tombol atau pemicu secara akurat, atau memposisikan ibu jari dan jari secara optimal pada pengontrol standar," Hideaki Nishino, Wakil Presiden Senior, Pengalaman Platform, SIE dalam pengumumannya. 

Apapun beberapa fitur yang tersedia dalam Project Leonardo untuk PS5 ini adalah sebagai berikut:

Kustomisasi Perangkat Keras

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Project Leonardo untuk PS5 adalah kanvas bagi para gamer untuk menciptakan pengalaman bermain mereka sendiri.

Pemain dapat menggunakan komponen-komponen tersebut untuk membuat beragam tata letak kontrol. Tidak lupa, jarak stik analog dari gim pad dapat disesuaikan dengan preferensi pemain. Dengan begitu, pemain dapat menemukan konfigurasi yang sesuai dengan kekuatan, rentang gerak, dan kebutuhan fisik tertentu mereka. 

Kustomisasi Perangkat Lunak

Di konsol PS5, pemain memiliki serangkaian opsi untuk menyesuaikan pengalaman bermain Project Leonardo mereka, seperti pemetaan tombol dan kontrol profil. 

  • Pemetaan tombol: Pengontrol dapat diprogram ke fungsi apa pun yang didukung dan beberapa tombol dapat dipetakan ke fungsi yang sama. Sebaliknya, pemain dapat memetakan dua fungsi (seperti "R2" + "L2") ke tombol yang sama.
  • Kontrol profil: Pemain dapat menyimpan pengaturan tombol terprogram mereka sebagai profil kontrol dan mudah beralih ke tombol profil lain, hingga tiga profil kontrol dapat disimpan dan diakses oleh pemain dari konsol PS5 kapan saja.

“Project Leonardo terinspirasi oleh gagasan semua pemain menikmati dunia PlayStation bersama. Tim kami menguji lebih dari selusin desain dengan pakar aksesibilitas, mencari pendekatan yang akan membantu mengatasi tantangan utama untuk penggunaan pengontrol yang efektif," ujar Jadi Morimoto, Desainer, Sony Interactive Entertainment.