Penjualan Headset  VR Menurun Sepanjang 2022, Dampak Resesi Global dan Belum Populer
Headset VR dianggap belum populer bagi publik. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pengiriman headset virtual dan augmented reality ke seluruh dunia dilaporkan turun 12% menjadi 9,6 juta tahun 2023 menurut data dari CCS Insight. Ini menjadi masalah bagi Meta dan perusahaan teknologi lain yang berinvestasi dalam potensi dunia digital.

Menurut data yang dibagikan kepada CNBC oleh firma riset NPD Group, penjualan headset VR di AS juga merosot 2% dari tahun sebelumnya menjadi 1,1 miliar dolar AS (Rp17 triliun) pada awal Desember,

Lebih dari setahun setelah perusahaan Mark Zuckerberg melakukan rebranding dan hampir dua bulan setelah memberhentikan 11.000 karyawan, taruhan jangka panjang Meta pada adaptasi konsumen terhadap metaverse belum membuahkan hasil.

Perusahaan yang berbasis di California ini telah kehilangan lebih dari 30 miliar dolar AS (Rp 466 triliun) pada metaverse dan upaya pertamanya di dunia virtual, Horizon Worlds, yang telah dianggap 'buggy' dan tidak populer secara internal di kalangan karyawan.

Konsepnya adalah konsumen suatu saat ingin bekerja, bermain, dan membelanjakan uang di dunia digital yang belum ada, yang dapat diakses oleh headset seperti Meta's Quest 2.

Perangkat itu, yang menurut para analis adalah pemimpin di pasar VR, mengalami penurunan penjualan pada tahun 2022, yang dapat dikaitkan dengan tahun yang hebat di tahun 2021 karena konsumen bergegas untuk mencobanya.

“VR mengalami liburan yang luar biasa di tahun 2021,” kata Ben Arnold, analis elektronik konsumen NPD, kepada CNBC. Ini merujuk pada promosi yang meningkatkan penjualan perangkat pada saat itu. “Tahun lalu adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan salah satu dari produk ini, dan VR benar-benar menghancurkannya,” tambah Arnold.

Berbagai faktor berkontribusi pada kemerosotan penjualan Meta yang terjadi kemudian. Perusahaan memutuskan untuk menaikkan harga Quest 2 selama musim panas, yang mungkin tidak cocok dengan konsumen yang merasakan tekanan inflasi untuk berbagai pembelian sehari-hari sepanjang tahun.

"Inflasi tinggi telah memukul anggaran konsumen di banyak pasar utama tahun ini, dan beberapa orang, yang dalam situasi yang lebih baik akan memanjakan diri mereka dengan headset virtual reality tahun 2022, telah menunda pembelian mereka," kata Marina Koytcheva, Wakil Presiden Peramalan di CCS Insight, dalam laporan terbaru yang dikutip Daily Mail.

“Kami juga melihat tanda-tanda bisnis menjadi lebih berhati-hati dalam berinvestasi dalam realitas yang diperluas sampai gambaran ekonomi menjadi lebih jelas,” kata Koytcheva.

Headset VR Meta yang baru, Quest Pro, berharga 1.500 dolar AS (Rp 23,3 juta) dan dipasarkan lebih ke arah bisnis. Titik harga itu kemungkinan terlalu tinggi bagi banyak penggemar metaverse.

Leo Gebbie, seorang analis di CCS Insight, mengatakan kepada CNBC bahwa kenaikan harga Meta adalah kejutan mengingat bahwa perusahaan bersedia menjual headset dengan margin rendah untuk mencoba dan mendorong penggunaan VR dan mendapatkan pangsa pasar yang tinggi.

Masih belum jelas apakah perangkat VR akan pulih kembali pada tahun 2023, mengingat potensi resesi yang membayangi dan kurangnya antusiasme konsumen.

Headset realitas campuran Apple, yang dikabarkan telah bekerja selama bertahun-tahun, dapat menjadi produk nyata pada tahun 2023.

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, perangkat Apple baru akan menjadi produk premium seharga antara 2.000 dan 3.000 dolar AS, berisi chip M2 tingkat Mac dan akan menampilkan 10 kamera yang ditempatkan di dalam dan di luar perangkat.

Perangkat ini akan memiliki sistem operasi yang disebut realityOS yang menampilkan versi realitas campuran dari aplikasi Apple populer seperti Messages, FaceTime, dan Maps. Versi pertama sistem operasi saat ini sedang selesai.

CEO Apple Inc., Tim Cook, sedang mencari pada November lalu untuk produsen perangkat lunak dengan pengalaman dalam efek visual dan alur aset game yang dapat membuat konten digital untuk lingkungan augmented- dan virtual-reality.

Terlepas dari penawaran headset yang dikabarkan, Cook mengatakan pada Oktober lalu bahwa sebagian besar konsumen tidak dapat menentukan apa itu metaverse dan menolak anggapan bahwa mereka akan menghabiskan seluruh hidup mereka tenggelam dalam dunia digital.

"Saya selalu berpikir penting bagi orang untuk memahami apa itu sesuatu," kata Cook kepada media Belanda, Bright. “Dan saya tidak terlalu yakin rata-rata orang bisa memberitahumu apa itu metaverse.”

Selain itu, headset PlayStation VR2 Sony akan diluncurkan pada Februari 2022 seharga 550 dolar AS (Rp8,5 juta) , namun perangkat tersebut mengharuskan pemilik untuk memiliki PlayStation 5 sebagai cara untuk menjalankannya.