Sony Hadirkan Headset <i>Virtual Reality</i> Baru untuk PlayStation 5
Sony luncurkan headset VR untuk PS5 (VR Scout)

Bagikan:

JAKARTA - Sony mengumumkan generasi terbaru headset Virtual Reality (VR) untuk konsol PlayStation 5. Rencananya, gawai pendukung untuk PS5 ini akan mendukung permainan next-gen yang bakal dirilis 2021.

Sebelumnya, Sony terakhir kali merilis headset VR untuk konsol PlayStation 4 pada 2016 lalu. Meskipun perangkat VR Sony tidak lebih baik bila dibandingkan dengan Oculus Rift atau headset HTC Vive VR. Faktanya, perangkat tersebut mudah digunakan dan terbukti populer di kalangan para gamer.

Melansir The Guardian, Sony mengungkapkan bahwa perangkat ini mendukung teknologi dengan pilihan game unik dari studionya, termasuk game Moss yang menceritakan petualangan tikus kecil. Selain itu, ada juga game AstraBot Rescue Mission yang menghadirkan permainan robot kecil berwarna putih yang menjadi ikon PlayStation. Ada pula game lain seperti Tetris Effect versi VR.

Hadirnya sistem VR terbaru ini menjanjikan resolusi yang lebih baik, lebih akurat dan tampilan yang lebih luas. Perangkat VR anyar ini akan terhubung dengan konsol PS5 melalui sebuah kabel, membuatnya lebih mudah diatur dan digunakan.

Perangkat ini juga akan hadir dengan pengontrol gerakan VR terbaru yang akan menggabungkan beberapa fiur dari bantalan DualSense PS5.

Konsol PlayStation 5 sudah ludes terjual sejak pertama kali diluncurkan pada akhir November lalu. Berdasarkan laporan penjualan perushaan, konsol PS5 telah terjual sebanyak 4,5 juta konsol pada akhir tahun lalu.

“Para pemain akan benar-benar merasakan kehadirannya dan bisa lebih tengelam dalam dunia game sekali mereka menggunakan headset baru,” ujar pihak Sony, Hideaki Nishino dalam sebuah tulisan yang diposting di blog resmi PlayStation.

“Dengan kedua perangkat PlayStation VR dan sistem generasi terbaru VR yang sudah dibuat, komitmen kami kepada realitas virtual sebagai sarana untuk game begitu besar dari sebelumnya,” tambah Nishino.