Penjualan Sony PlayStation 5 di AS Melejit dan Cetak Sejarah
PlayStation 5 (dok. Sony PlayStation)

Bagikan:

JAKARTA - Belum lama ini jejaring media sosial dihebohkan dengan meluncurnya dua primadona konsol yang paling ditunggu-tunggu yakni PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series X. Karena saking diminati, banyak pula penggemar yang tidak mendapatkan konsol tersebut. 

Mengutip Gizchina, Sabtu 19 Desember, meski begitu, hal ini tidak menyurutkan jumlah konsol PlayStation 5 yang terjual hingga saat ini. Dan kabarnya, penjualan konsol tersebut telah memecahkan rekor penjualan baru di Amerika Serikat (AS) selama satu bulan pertama.

Dari hasil penjualan perdana ini, PS5 mampu mengalahkan penjualan PlayStation 4, yang telah memegang rekor sebelumnya dalam waktu yang cukup lama. Sayangnya, tak ada angka pasti dari penjualan konsol tersebut.

Sebagai catatan, seri PS5 ini memiliki dua versi drive optik dan versi digital. Konsol ini dibekali custom 8-core Zen 2 CPU 3.5GHz yang mendukung konversi frekuensi. Kartu grafisnya adalah GPU kustom AMD dengan arsitektur RDNA2.

Frekuensinya hingga 2.23GHz, mendukung 10,28 triliun operasi floating-point per detik, dengan dukungan output 120Hz / 8K, efek suara 3D dan lainnya. Selain itu, konsol ini secara langsung juga kompatibel dengan gim di PS4.

Namun di sisi lain, pesaingnya Xbox Series X tidak mengalami penjualan yang memuaskan. Bahkan, laporan menyebutkan bahwa penjualan konsol terbaru milik Microsoft tersebut lebih rendah dari Xbox One generasi sebelumnya.

Faktor yang disebabkan, karena jumlah produksi dari konsol generasi terbaru Xbox Series X ini masih sangat terbatas. Kemungkinan, akan ada perubahan penjualan jika Microsoft segera menambahkan jumlah produksinya di tahun depan.

Beberapa pihak juga menyatakan kalau penjualan yang sangat tinggi ini bisa saja dikarenakan para calo yang telah membeli PS5 dalam jumlah tidak sedikit.

Dengan begitu, mereka pun segera menjual kembali konsol tersebut dengan harga yang jauh lebih mahal, dan tentunya membuat para gamer rugi.