Kabar Gembira! Sony Amankan Banyak Chip untuk Penjualan PS5 Tahun Ini
Membeli PS5 memang sulit bagi para gamer belakangan ini. (foto: Sony)

Bagikan:

JAKARTA - Sony PlayStation 5 (PS5) tampaknya sulit didapatkan sejak dirilis tahun lalu, sebagian karena kekurangan chip yang disebabkan oleh pandemi virus COVID-19. Namun menurut Chief Financial Officer (CFO) Sony Hiroki Totoki, perusahaan kini telah mengamankan cukup chip untuk memenuhi target produksinya tahun ini.

Menurut laporan Reuters via CNET, Kamis 5 Agustus, selama panggilan pendapatan Sony kemarin, Totoki mengatakan perusahaan memiliki cukup chip untuk mencapai target 14,8 juta PS5 tahun fiskal ini.

Laporan pendapatan kuartal pertama kemarin juga menunjukkan laba untuk kuartal sebesar 2,57 miliar dolar AS, lebih besar dari 2,02 miliar dolar AS yang dilaporkan Sony tahun sebelumnya, dan 1,89 miliar dolar AS yang diharapkan oleh analis pasar.

Selain itu, Sony juga mengonfirmasi dalam laporan harga PS5 untuk Digital Edition adalah 399 dolar AS, sedangkan Standard Edition 499 dolar AS memengaruhi labanya, karena perusahaan menjual konsol dengan kerugian selama setahun terakhir, tetapi akan mulai membuat keuntungan sebanyak 499 dolar AS per konsol di tahun mendatang.

Membeli PS5 memang sulit bagi para gamer belakangan ini. Restock PS5 terjadi secara sporadis, dan pengecer memiliki jumlah terbatas untuk dibeli, yang terjual habis dalam hitungan menit.

Parahnya, pertumbuhan jumlah calo juga terjadi bersamaan, mereka menggunakan bot untuk membeli beberapa konsol sekaligus. Pengecer telah mengambil tindakan untuk mengurangi penjualan bot, tetapi tampaknya tidak banyak berpengaruh.

Belum lama ini, Sony juga mencetak sejarah dengan penjualan tercepat PS5 dibanding pendahulunya. Konsol gim terbaru Sony yang diluncurkan November lalu ini telah membuat heboh seluruh dunia dengan terjual lebih dari 10 juta unit secara global selama sembilan bulan dari peluncuran, menjadikannya konsol PlayStation dengan penjualan tercepat dalam sejarah.

Tak heran dengan pencapaian ini, karena sejak awal diluncurkan angka penjualan untuk PS5 langsung melesat tajam, terjual lebih dari 4,5 juta unit bahkan sebelum akhir tahun 2020. Catatan ini terus berlanjut hingga tahun baru, melampaui Xbox Series X seiring berjalannya waktu.