WhatsApp Luncurkan Fitur <i>View Once  </i> Foto dan Video Mirip Snapchat
Fitur View Once ini menawarkan pengguna lebih banyak kontrol atas media yang mereka bagikan. (foto: WhatsApp)

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp telah meluncurkan fitur baru yang biasa ditemukan pada aplikasi perpesanan yang berpusat pada privasi, di mana video dan foto hanya dapat di lihat satu kali saat diterima.

Fitur View Once ini menawarkan pengguna lebih banyak kontrol atas media yang mereka bagikan dengan orang lain, memungkinkan mereka untuk mengirim konten sensitif kepada orang lain tanpa harus tetap berada di obrolan selamanya.

“Saat mengambil foto atau video di ponsel kami telah menjadi bagian besar dari hidup kami, tidak semua yang kami bagikan perlu menjadi catatan digital permanen. Di banyak ponsel, mengambil foto saja berarti akan menghabiskan ruang di rol kamera Anda selamanya. Itulah mengapa hari ini kami meluncurkan foto dan video View Once baru yang menghilang dari obrolan setelah dibuka, memberi pengguna lebih banyak kontrol atas privasi mereka," ungkap WhatsApp seperti dikutip dari CNET, Rabu 4 Agustus.

Seperti pesan pribadi, media View Once dilindungi oleh enkripsi ujung ke ujung. Foto dan video yang dikirim menggunakan fitur ini akan memiliki ikon "One Time" yang menandakan bahwa foto dan video tersebut akan hilang setelah di lihat penerima.

Foto atau video yang dikirim juga tidak akan disimpan ke galeri penerima, dan pengguna tidak akan dapat meneruskan, menyimpan, membintangi, membagikan gambar atau video yang dikirim dan diterima menggunakan fitur View Once.

Pengirim dapat melihat apakah penerima sudah membuka foto atau video jika tanda terima telah dibaca aktif. Jika media tidak dibuka dalam 14 hari, itu akan kedaluwarsa.

Meskipun fitur ini memiliki privasi yang lebih besar untuk konten sensitif, WhatsApp mencatat pengguna harus mengirim foto atau video View Once hanya kepada orang yang dipercayai, karena mungkin saja seseorang bisa mengambil tangkapan layar atau merekam konten layar.

Namun ternyata, fitur View Once tidak hanya dimiliki WhatsApp, Snapchat lebih dulu memiliki fitur serupa. Begitu pula Instagram, perusahaan milik Facebook dan satu grup dengan WhatsApp juga meluncurkan fitur yang sama di platformnya beberapa tahun lalu. Dilaporkan, fitur View Once akan diluncurkan ke semua pengguna mulai minggu ini.