Benarkah Mode Gelap Bisa Kurangi Konsumsi Baterai Ponsel? Begini Menurut Peneliti
Mode gelap smartphone tidak berpengaruh banyak pada konsumsi baterai (AndroidResult)

Bagikan:

JAKARTA – Selama ini banyak yang mengira bahwa fitur mode gelap dalam ponsel bisa mengurangi konsumsi baterai bisa hidup lebih lama. Benarkah demikian? Riset yang dilakukan oleh tim peneliti dari Purdue University AS mengungkapkan bahwa dark mode sama sekali tidak memperpanjang daya baterai.   

Para peneliti melakukan uji coba terhadap enam aplikasi Android populer yang ada di Google Play Store, yakni Google Maps, Google Phone, Google News, Google Calendar, Calculator, dan YouTube. Pengujian tersebut dilakukan pada smartphone Google Pixel 2, Pixel 3, dan Pixel 5, serta Moto Z3.

Tim peneliti menggunakan alat yang bernama Per-Frame OLED Power Profiler (PFOP). Perangkat tersebut diklaim mampu mengukur konsumsi daya setiap pixel. Mereka juga menganalisa pengaruh mode gelap terhadap aktivitas per menit ketika menggunakan sejumlah aplikasi yang sudah disebutkan di atas.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa sebagian besar pengguna smartphone lebih suka menghidupkan kecerahan otomatis pada ponsel. Kecerahan layar tersebut sekitar 30-40 persen ketika ponsel berada dalam ruangan.

Peneliti mendapati bahwa mode gelap dengan kecerahan layar antara 30 hingga 50 persen hanya mampu menghemat sekitar 3 sampai 9 persen daya baterai saja. Meski demikian, kecerahan layar otomatis tergantung pada ponsel yang digunakan.

Mereka juga mencatat bahwa mode gelap hanya bisa menghemat sebagian kecil daya baterai. Banyak pengguna ponsel yang tidak menyadari perbedaan kecil ini. Di sisi lain, kecerahan 100 persen mode terang yang kemudian beralih ke mode gelap diklaim mampu menghemat daya baterai sekitar 39-47 persen.

Penelitian tersebut juga membuktikan bahwa daya baterai yang dikonsumsi oleh ponsel dengan layar OLED yang menggunakan tingkat kecerahan lebih rendah dalam mode terang sama saja dengan konsumsi daya dengan tingkat kecerahan tinggi dalam mode gelap.

Tim riset memaparkan penggunaan aplikasi Google News di ponsel Pixel 5 dengan mode gelap nyatanya mengkonsumsi daya yang sama seperti ketika dalam mode terang. Itu artinya pengguna yang mengaktifkan mode gelap dalam ponsel dengan tujuan untuk memperpanjang daya baterai tidak akan jauh beda konsumsi daya baterai dalam mode terang.

Meski mode gelap dan mode terang hanya memiliki perbedaan kecil dalam segi konsumsi daya, namun dark mode diklaim lebih ramah di mata karena lebih mudah dilihat oleh pengguna.