7 Tips Hemat Baterai Ponsel saat Perayaan Natal yang Paling Ampuh
Ilustrasi/Android Central

Bagikan:

JAKARTA - Perayaan Natal telah tiba, dan momen bersama keluarga menjadi yang paling ditunggu-tunggu, apalagi saat merencanakan liburan bersama, segala macam aktivitas tak boleh dilewati.

Untuk itu, Anda perlu smartphone yang setiap saat dapat menemani dan merekam semua kegiatan bersama keluarga, kalau dirasa membawa kamera begitu berat.

Dan tentu saja smartphone diharapkan memiliki daya baterai yang tahan lama, namun hanya beberapa ponsel saja yang memiliki kapasitas baterai yang besar. Simak tips berikut ini agar baterai ponsel tahan lama saat menikmati perayaan Natal bersama keluarga yang dikutip dari berbagai sumber, Jumat 25 Desember.

1. Matikan layanan lokasi

Cara yang satu ini cukup membantu, apalagi jika berada di lokasi yang minim sinyal, mengaktifkan layanan lokasi akan membuat baterai lebih cepat terkuras dibanding saat berada di daerah dengan sinyal yang kuat.

Sebab, alat penerima GPS di smartphone berwujud chip kecil yang selalu memberikan perkiraan di mana kita berada setiap saat. Jika kita mengaktifkan layanan lokasi, smartphone akan terus menerima sinyal untuk melakukan pelacakan lokasi yang akurat. Ini bisa membuat baterai smartphone terkuras.

2. Matikan notifikasi ponsel

Meskipun menerima pemberitahuan dari aplikasi dinilai berguna seperti pesan masuk maupun email, namun sebaiknya Anda mematikan notifikasi pada aplikasi yang dinilai tidak berguna.

Seperti aplikasi gim yang mengingatkan pengguna untuk memainkanya kembali agar tidak menguras baterai di saat menerima notifikasi tersebut.

Selain itu, disarankan juga untuk menontaktifkan mode getar ponsel pada notifikasi secara umum. Cara ini juga dapat membuat daya baterai pada ponsel yang digunakan tidak terkuras secara signifikan.

3. Jaga suhu ponsel tetap stabil

Berapa suhu ideal agar smartphone tetap bekerja dengan baik? Suhu ideal untuk baterai berjenis lithium-ion adalah 0 derajat celcius dan 45 derajat celcius.

Apabila suhu berada di bawah 0 derajat celcius, jumlah daya yang tersedia dalam baterai akan berkurang. Hal ini karena pembatasan pergerakan logam lithium dan ion litium dalam elektroda melalui elektrolit.

Sedangkan, suhu di atas 45 derajat celcius akan membuat baterai cepat berkurang. Saat kondisi terik Matahari, baterai akan kehilangan kemampuan untuk menyimpan daya.

Itulah mengapa, penggunaan smartphone di bawah sinar Matahari langsung harus dihindari, apalagi dalam waktu yang lama.

4. Tutup aplikasi jika telah digunakan

Dengan menutup aplikasi yang sudah dipakai, Anda dapat menghemat baterai yang cukup lama. Karena dinilai dapat membuat RAM di gawai Anda tidak bekerja terlalu keras.

Jika dalam jumlah banyak dibuka pada waktu bersamaan, dapat menyebabkan RAM bekerja lebih banyak, dan berdampak pada daya baterai yang ada dalam ponsel.

Bukalah aplikasi yang dibutuhkan saja, jika sudah selesai menggunakannya diharapkan untuk benar-benar menutupnya, bukan sekadar meminimize saja.

5. Kurangi kecerahan layar

Saat berada di luar ruangan, kita kesulitan untuk menatap layar smartphone. Tak kehabisan ide, hal ini bisa diatasi dengan menaikkan brightness atau kecerahan layar

Namun, layar yang terlalu terang akan menguras baterai ponsel lebih cepat. Semakin terang layar, semakin banyak daya yang dibutuhkan.

Karena, layar LCD dengan kecerahan maksimal akan mengurangi baterai 8 persen per jam. Sementara, jika tipe layar yang digunakan adalah LED, maka baterai akan terkuras 20 persen per jam.

6. Jangan memotret atau merekam menggunakan lampu flash

Hampir seluruh smartphone saat ini memberikan fasilitas flash LED untuk menunjang hasil foto atau video yang lebih terang atau bercahaya.

Tetapi sejatinya, cara ini dapat membuat baterai ponsel terkuras banyak. Untuk membuat daya baterai gawai Anda tahan lama, disarankan untuk tidak menggunakan fitur ini.

Perlu dicatat, kilat LED juga menggunakan sumber daya dari baterai ponsel Anda. Disarankan untuk mematikan fitur ini ketika hendak memotret maupun merekam video.

7. Jangan lupa aktifkan mode hemat daya

Jika memang benar-benar berada di dalam situasi yang krusial, dan baterai ponsel pun sudah menipis tetapi harus tetap merekam momen perayaan Natal, Anda bisa mencoba opsi ini.

Cukup aktifkan saja mode hemat baterai. Di iOS, ada opsi Low Power Mode dan Android punya Power Saving Mode.

Perangkat lunak ini bisa memodifikasi pemakaian CPU untuk mengurangi konsumsi energi. Sebagai informasi, ada beberapa fitur yang tidak bisa dipakai setelah mengaktifkan mode hemat daya seperti ini.