Catat, Ini 7 Tips Hemat Memori Ponsel Android Agar Tak Lemot
Ilustrasi handphone. (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menyimpan file penting bisa dilakukan di ponsel. Sayangnya keterbatasan memori ponsel Android kadang justru menjadi kendala. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah beberapa tips hemat memori ponsel android.

Memaksimalkan ruang penyimpanan Android akan berdampak baik pada ponsel. Misalnya, pengguna jadi bisa menyimpan lebih banyak file, mencegah ponsel lemot, dan sebagainya.

Tips Hemat Memori Ponsel Android

Agar memori ponsel bisa digunakan untuk menyimpan file penting, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Instal Storage Analyzer

Secara umum storage analyzer adalah aplikasi yang dipakai untuk memantau seluruh konten yang tersimpan di ponsel dalam bentuk grafis. Dengan begitu pengguna Android bisa menemukan file sampah atau yang sudah tidak dibutuhkan lalu menghapusnya tanpa harus mencari file semacam ini secara manual. Agar memori ponsel bisa maksimal, Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store yang tersedia secara gratis.

  1. Memori Ekstrenal Tambahan

Terkadang memori internal Android yang disediakan hanya dalam jumlah terbatas. Namun tak perlu khawatir, pengguna bisa menambahkan memori eksternal berupa kartu microSD. Pemasangan microSD akan menambah ruang penyimpanan di ponsel Anda. Selain itu penambahan memori eksternal bisa dilakukan sesuai selera tergantung ukuran memori yang dibutuhkan. Memori eksternal mampu menampung file yang tersimpan di ponsel mulai bentuk foto, video, gambar, hingga audio.

  1. Rajin Bersihkan Cache

Cache adalah data sementara yang dihasilkan dari sistem Android seperti pengaturan kontak, media, dan sebagainya. Cache selalu ada di setiap ponsel dan mampu memenuhi memori. Jika tak dibersihkan secara rutin ponsel akan penuh dan berimbas pada lemot. Oleh karenanya disarankan untuk rajin menghapis cache. Cara hapis cache pada Android adalah dengan masuk ke Pengaturan, lalu pilih Apps, polihb seluruh aplikasi dan klik Clear Cache satu demi satu.

  1. Maksimalkan Ruang Penyimpanan Online

Saat ini ada banyak ruang penyimpanan online yang tersedia secara daring. Salah satu ruang penyimpanan online yang banyak dipakai adalah Google Cloud Storage atau Google Photo. Ruang penyimpanan online ini akan membantu Anda menyimpan file penting, baik yang berukuran kecil hingga besar. Namun untuk memiliki ruang penyimpanan online Anda harus terhubung ke jaringan internet.

  1. Hapus Aplikasi yang Tak Dipakai Lama

Aplikasi yang terinstal di ponsel Android juga akan membebani memori ponsel hingga menyebabkan lemot atau kapasitas memori berkurang drastis. Oleh karenanya Anda disarankan untuk tak terlalu banyak instal aplikasi. Hapus aplikasi yang sudah lama tak dipakai agar tak membebani ponsel. Tak perlu khawatir hilang, Anda bisa kembali mengunduh aplikasi yang sama jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

  1. Bersihkan Chat dan Media di Whatsapp

Yang sering tak disadari oleh pengguna ponsel Android adalah bahwa chat dan media di WhatsApp diam-diam membebani memori ponsel. Pasalnya, jumlah chat di WhatsApp kadang mencapai ratusan hingga ribuan percakapan sehingga cukup membebani ponsel. Hal itu terjadi karena kadang kala chat melalui Whatsapp tidak sepenuhnya teks, namun kadang voice note, hingga file besar seperti gambar atau video. Anda bisa membersihkan chat dan media di WhatsApp secara berkala.

  1. Beralihlah ke Streaming

Alih-alih mencari hiburan video dengan cara mendownloadnya lebih dulu, Anda lebih disarankan untuk streaming. Pasalnya saat Anda memutuskan untuk mengunduh video film misalnya, akan membebani memori ponsel. Berbeda jika Anda hanya streaming maka memori ponsel tidak begitu terpengaruh.

Itulah beberapa tips hemat memori ponsel Android. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan berita terbaru.