Jenis Data Ini Jadi Penyebab Android Lemot, Bersihkan dengan Cara Ini
Jenis Data Ini Jadi Penyebab Android Lemot, Bersihkan dengan Cara Ini (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Setiap smartphone Android memiliki berbagai jenis data yang tersimpan di ruang penyimpanan. Namun, terdapat sejumlah data yang sebetulnya tidak diperlukan oleh perangkat Anda tetapi tersimpan secara otomatis.

Hal tersebut dapat mempengaruhi performa Android Anda seperti perangkat menjadi lemot. Oleh karena itu, pengguna sebaiknya membersihkan file yang tidak Anda perlukan di ruang penyimpanan smartphone.

Manajemen memori pada ponsel seperti membersihkan file yang tidak digunakan merupakan hal yang sangat penting, terlebih untuk ponsel dengan ruang penyimpanan kecil.

Adapun sistem manajemen memori pada smarphone Android mengkategorikan penggunaan data berdasarkan jenisnya seperti Aplikasi, Games, Gambar, Video, Dokumen, hingga Others atau data lain-lain.

File yang masuk dalam kategori Others merupakan file yang tidak memiliki jenis spesifik. Oleh karenanya file yang tersimpan dalam manajemen penyimpanan itu tidak berada dalam jenis file lainnya.

Oleh karena itu, saat ingin membersihkan file yang tidak digunakan di ruang penyimpanan, Anda harus menggunakan cara yang sedikit berbeda dibanding dengan file lainnya.

Apabila Anda ingin membersihkan file Others karena mengganggu performa smartphone, tetapi belum tahu cara melakukannya, di bawah ini tim VOI telah menyusun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Membersihkan File Others di Smartphone Android

Untuk membersihkan file Others di smartphone, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka menu Setting atau Pengaturan yang ada di perangkat Android.

Selanjutnya, Anda dapat memilih menu Storage yang ada di dalam pengaturan perangkat Andaroid. Posisi menu tersebut berada di bawah menu Device Care sehingga Anda dapat menggulir kursor ke bawah.

Setelah itu, Anda akan mendapat daftar file yang ada di perangkat Anda dan akan terdapat opsi penyimpanan 'Others' beserta keterangan ruang yang digunakan.

Untuk melakukan pembersihan file yang tidak dikategorikan di ruang penyimpanan ponsel Anda, klik menu Others, kemudian pilih Clean Up untuk membersihkannya.

Nantinya, file yang masuk dalam kategori Others di perangkat smartphone Anda akan dibersihkan. Hal itu pun bakal membuat performa ponsel Anda yang sebelumnya lemot menjadi lebih stabil.

Sebagai catatan, setiap merek smartphone Android memiliki tampilan dan menu yang berbeda untuk membersihkan file Others di ruang penyimpanan. Akan tetapi secara garis besar pengguna dapat menggunakan langkah di atas untuk membersihkannya.

Itu tadi adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan file Others di smartphone Android pengguna, supaya performa perangkat jadi lebih stabil saat digunakan.