Tips Mempercepat Kinerja iPhone, Biar Makin <i>Ngebut</i>
Ponsel iPhone (Jakarta Globe)

Bagikan:

JAKARTA - Problem kinerja ponsel yang melambat bisa dialami semua jenis perangkat smartphone. Baik Android maupun iPhone. Meskipun sudah dibekali RAM dan penyimpanan internal berkapasitas besar, tetap ada masanya di mana kinerja ponsel makin lemot.

Beruntungnya, berdasarkan uji coba banyak pengguna, problem tersebut bisa diatas lebih mudah. Kini sudah tersedia beragam tips mempercepat kinerja ponsel iPhone atau Android.

Di bawah, tim VOI sudah menyiapkan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah yang dialami oleh pengguna iPhone.

Cara Atasi iPhone Lemot

Meningkatkan kinerja iPhone (9to5Mac)

Uninstall Aplikasi yang Jarang Dipakai

Jika ponsel iPhone dirasa semakin lemot, cobalah luangkan waktu untuk memeriksa seluruh aplikasi atau game yang terpasang. Kemudian, copot pemasangan dari game atau aplikasi yang jarang dipakai.

Langkah ini dijamin bisa sedikit meningkatkan kecepatan pemrosesan perangkat. Sehingga, ponsel pun jadi tidak lemot atau lambat.

Tak perlu merasa sayang dan berpikir bahwa suatu ketika aplikasi tersebut bakal dipakai kembali. Apalagi jika Anda hanya menggunakannya sesekali. Yang pasti, utamakan performa perangkat ketimbang menyimpan aplikasi yang tidak terlalu digunakan.

Menonaktifkan Fitur Siri

Jika Google memiliki Google Assistant, maka Apple memiliki Siri. Secara fungsi, keduanya sama. Yakni sebagai asisten pribadi pengguna selama aktivitas digital. Berkat kemudahannya pula, banyak pengguna iPhone yang lebih memilih untuk menggunakan fitur Siri.

Sayangnya, layanan Siri membutuhkan resource perangkat dalam jumlah besar. Sehingga, ketika perangkat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, mematikan Siri merupakan langkah paling tepat. 

Menonaktifkan Siri bukanlah perkara sulit. Anda bisa melakukannya dengan membuka aplikasi Pengaturan, pilih menu General, lalu ketuk menu Spotlight Suggestions. Selanjutnya, ketuk menu Siri Suggestions.

Hapus File Cache iPhone

Sama seperti Android, iPhone juga memiliki file yang disebut cache. Tidak seperti Android, iPhone tidak punya fitur yang berfungsi untuk menghapus file cache dalam satu ketukan saja. Oleh karena itu, Anda perlu menghapusnya secara manual dari setiap aplikasi.

Namun, di antara banyaknya aplikasi iPhone yang terpasang pada perangkat, file cache dari Safari biasanya berjumlah paling besar. Oleh karena itu, sebagai langkah awal, Anda bisa membersihkan file cache iPhone pada Safari.

Caranya cukup mudah. Pertama, buka aplikasi Pengaturan, kemudian ketuk ikon Safari. Selanjutnya, ketuk menu Clear History and Website Data. Kemudian Anda akan dialihkan ke halaman baru, ketuk lagi menu Clear History and Website Data yang muncul.

Itulah beberapa tips mempercepat kinerja ponsel iPhone yang bisa Anda terapkan sendiri. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda untuk membuat performa ponsel iPhone ngebut lagi.