Kapan Baterai iPhone Kamu Perlu Diganti? Simak Tips Ini!
Ilustrasi Photo Battery Health iPhone / dok. IST

Bagikan:

JAKARTA - Ketika iPhone Anda tak bisa mengisi daya setelah seharian penuh atau secara tiba-tiba mati, kemungkinan baterai ponsel Anda bermasalah. Apakah Anda harus menggantinya?

Sebenarnya ini adalah masalah umum, karena semua kesehatan baterai akan menurun dari waktu ke waktu, karena usia yang memengaruhi kegunaan ponsel Anda.

Bagi Anda yang bermasalah dengan hal ini, biasanya langsung mengganti baterai iPhone Anda. Namun, itu bukan tanpa biaya yang tinggi.

Sebelum menggantinya, ada baiknya untuk memeriksa iPhone Anda terlebih dahulu apakah perlu mengganti baterai atau tidak, serta apa yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang kesehatannya.

Cara Memeriksa Kesehatan Baterai iPhone Anda

Baterai iPhone Anda bisa menjadi kurang efektif dari waktu ke waktu, tetapi Anda juga dapat memiliki baterai yang rusak pada iPhone baru.

Untuk memeriksa dengan cepat apakah ada masalah dengan kesehatan baterai Anda, buka Settings klik Battery pilih Battery Health & Charging. Jika Anda menjalankan apa pun di bawah iOS 16.1, yang terakhir akan muncul hanya sebagai Battery Health.

Di bagian atas, Anda akan melihat kapasitas maksimum baterai Anda, yang seharusnya 100 persen, atau mendekati itu, jika Anda memiliki iPhone yang relatif baru.

Namun, jika Anda melihat baterai Anda saat ini mendukung kinerja normal, Anda tidak memiliki masalah baterai yang dikenali dan Anda tidak perlu menggantinya.

Kapan Perlu Mengganti Baterai iPhone Anda?

Itu terjadi ketika Anda melihat salah satu pesan di bawah ini.

1. iPhone ini mengalami mati mendadak karena baterai tidak dapat memberikan daya puncak yang diperlukan.

2. Manajemen kinerja telah diterapkan untuk membantu mencegah hal ini terjadi lagi/Anda telah menonaktifkan perlindungan manajemen kinerja secara manual.

3. iPhone ini tidak dapat menentukan kesehatan baterai. Penyedia Layanan Resmi Apple dapat menyervis baterai. Selengkapnya tentang opsi layanan.

4. Kesehatan baterai Anda menurun drastis. Penyedia Layanan Resmi Apple dapat mengganti baterai untuk memulihkan kinerja dan kapasitas penuh.

Cara Memperpanjang Masa Pakai Baterai iPhone Anda

Melansir CNET, Jumat, 30 Desember, semakin cepat Anda menjalani masa pakai baterai harian, semakin cepat masa pakai baterai Anda secara keseluruhan menurun, jadi berikut adalah beberapa tips untuk diikuti.

1. Perbarui ke perangkat lunak terbaru yang tersedia.

2. Sesuaikan kecerahan layar Anda (secara manual atau otomatis) sesuai kebutuhan.

3. Gunakan Wi-Fi bila tersedia.

4. Aktifkan Low Power Mode sesuai kebutuhan.

5. Nonaktifkan Background App Refresh (secara keseluruhan atau per aplikasi).

6. Matikan Location Services (secara keseluruhan atau per aplikasi).

7. Matikan Allow Notification dan nyalakan Airplane Mode jika perlu.

8. Saat Anda mengisi daya ponsel dengan komputer, pastikan komputer Anda terhubung.