Bagikan:

JAKARTA – Perangkat yang sering diisi dayanya merupakan pertanda buruk. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa baterai perangkat Anda sedang bermasalah dan mungkin sudah harus diganti dengan yang baru.

Jika hal ini terjadi pada perangkat iPhone dan iPad Anda, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memastikan kesehatan baterainya. Fitur bawaan Apple ini sangat berguna untuk memutuskan tindakan yang tepat bagi baterai Anda.

Cara mengecek fitur Battery Health atau Kesehatan Baterai tidak sulit. Jika Anda pengguna iPhone, Anda hanya perlu membuka Pengaturan, kemudian gulir layar hingga menemukan menu Baterai dan cari opsi Kesehatan dan Pengisian Baterai.

Setelah itu, Anda akan melihat tampilan kapasitas maksimum baterai Anda dalam bentuk persentase. Perlu diketahui bahwa kapasitas maksimum harus berada di atas 80 persen. Di bawah dari angka tersebut, baterai iPhone sudah harus diganti.

Sementara itu, untuk mengecek fitur Kesehatan Baterai di iPad, Anda harus menggunakan pintasan Battery Health Checker atau Pemeriksa Kesehatan Baterai, menurut Makeuseof. Tambahkan pintasannya terlebih dahulu.

Setelah pintasan Pemeriksa Kesehatan Baterai ditambahkan, buka Pengaturan dan ketuk Privasi dan Keamanan. Selanjutnya, buka Analisis dan Peningkatan, lalu lihat apakah opsi Bagikan iPhone dan Tonton Analitik sudah diaktifkan.

Jika belum aktif, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu dan menunggu selama beberapa hari hingga file analitik tersedia. Setelah file analitiknya muncul, ketuk Data Analitik dan ketuk file analitik terbaru. Pastikan ada keterangan analitik di dalam nama file-nya.

Berikutnya, ketuk tombol Bagikan dan pilih pintasan Pemeriksa Kesehatan Baterai. Saat dibagikan, pop-up yang memperlihatkan kapasitas maksimum baterai perangkat Anda akan terlihat dalam bentuk persentase.

Itu dia cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kesehatan baterai iPad dan iPhone. Jika kapasitas maksimum baterainya sudah sangat rendah, pastikan untuk mengganti baterai perangkat Anda dengan baterai terbaru.