Tanda Baterai Smartphone Harus Diganti, Cek Apakah Terjadi di Ponsel Anda
Ilustrasi tanda baterai smartphone harus diganti (foto: Stocksnap/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Baterai merupakan salah satu elemen penting yang mendukung kenyamanan penggunaan smartphone. Namun semakin lama pemakaian smartphone maka kualitas baterai akan menurun. Jika ingin merasakan penggunaan smartphone secara normal maka Anda perlu mengganti baterainya. Lantas apa tanda baterai smartphone harus diganti?

Baterai yang sudah rusak atau menurun tentunya sangat mengganggu aktivitas Anda dalam menggunakan smartphone. Mulai dari mengakses kamera, menonton video atau streaming, bermain game, hingga membuka sosial media. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda harus mengganti baterainya. Jadi Anda perlu tahu tanda baterai smartphone harus diganti, baik iPhone maupun Android. 

Tanda Baterai Smartphone Harus Diganti

Mungkin Anda juga merasakan perubahan kondisi baterai saat smartphone baru dibeli dan setelah digunakan dalam waktu lama. Jika daya tahan baterai sudah tidak optimal dan gampang berkurang, maka berarti kualitas baterai sudah menurun. Berikut ini beberapa tanda baterai smartphone harus diganti. 

Baterai Cepat Habis

Baterai yang cepat habis menjadi penanda bahwa kualitas baterai sudah menurun. Pada awal pembelian smartphone, dengan baterai kapasitas 90 persen Anda bisa menggunakan ponsel hingga 8 jam lamanya. Namun saat ini mungkin ponsel Anda hanya mampu bertahan selama 2 jam. Kondisi ini bisa jadi penanda smartphone Anda rusak dan perlu diganti. 

Pengisian Baterai Berjalan Lama

Anda mungkin merasa tidak sabar dan jengkel ketika pengisian baterai berjalan lama. Kondisi ini merupakan salah satu tanda bahwa baterai smartphone perlu diganti karena sudah rusak. Jika baterai Anda masih berfungsi dengan baik maka pengisian daya akan berjalan cepat atau normal.

Baterai Health Kurang dari 75%

Saat ini sejumlah smartphone telah dilengkapi dengan fitur battery health yang memungkinakn penggunanya mengetahui kondisi atau kesehatan baterai. Apabila battery health menunjukkan tingkat 90%-100% maka baterai masih bagus. Namun jika battery health berada di bawah 75% itu berarti kondisi baterai sudah menurun dan perlu diganti. 

Smartphone Mudah Panas

Tanda lain dari baterai smartphone perlu diganti adalah apabila ponsel Anda cepat panas. Apabila smartphone Anda mudah panas dalam penggunaan normal, maka bisa menjadi indikasi baterai ponsel Anda bermasalah. Baterai yang sudah tidak berfungsi normal atau habis masa pakainya biasanya cenderung menghasilkan panas berlebihan ketika digunakan. 

Demikianlah beberapa tanda baterai smartphone perlu diganti karena kondisinya sudah menurun atau rusak. Jika mengalami sejumlah tanda di atas, maka sebaiknya segera ganti baterai Anda agar kebutuhan memakai smartphone bisa dirasakan secara maksimal dan nyaman. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.