6 Tips agar Baterai iPhone Awet meski Sering Digunakan
Ilustrasi baterai iPhone awet (floto: dok. pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Baterai iPhone dinilai boros dan tidak tahan lama. Namun sekarang Apple telah melengkapi iPhone dengan baterai yang lebih hemat dan punya daya tahan lebih lama dibanding  keluaran-keluaran terdahulu. Namun masih banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan baterai cepat habis. 

Ada beberapa tips agar baterai iPhone awet dan tidak boros. Pertama anda perlu mengontrol penggunaan ponsel anda seperlu kebutuhan. Banyak kasus baterai dengan kapasitas besar mudah habis karena penggunaanya yang berlebihan. Selanjutnya, pengguna iPhone perlu memantau fitur battery health. 

Battery Health merupakan fitur yang didalam iPhone yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk memantau kinerja dan kesehatan baterai secara akurat. Fitur ini menampilkan persentase penggunaan baterai harian dan siklus baterai. Lewat fitur ini pengguna juga bisa melihat informasi terkait kesehatan baterai dari hari ke hari hingga tahun. 

Tips agar Baterai iPhone Awet

Menjaga daya tahan baterai sangat penting bagi pengguna gawai. Sebab baterai yang lowbat atau tiba-tiba habis akan menganggu kenyamanan saat digunakan. Ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan pengguna iPhone agar baterai ponselnya lebih awet. 

Menjaga Suhu iPhone

Salah satu penyebab baterai iPhone boros adalah karena suhu berlebih. Kondisi ini akan menghabiskan banyak daya hingga dapat merusak kesehatan baterai. Pengguna iPhone harus bisa menjaga ponselnya dalam keadaan stabil atau jangan sampai terlalu panas. 

Anda perlu menghindari iPhone terkena cahaya matahari secara langsung agar suhunya tidak panas. Selain itu, jangan gunakan iPhone saat melakukan pengisian daya, serta jangan menggunukana berbagai aplikasi dalam satu waktu. 

Memakai Charger Original

Pemakaian charger juga mempengaruhi kondisi baterai iPhone. Pengguna iPhone harus selalu memakai charger original agar battery health tetap terjaga. Penggunaan charger tidak ori dapat menyebabkan kerusakan baterai. 

Selain itu pengguna iPhone juga perlu memperhatikan fitur fast charging. Sebainya jangan gunakan jenis charger fast charging jika iPhone anda belum mendukung fitur tersebut karena dapat membuat baterai rusak.

Mengaktifkan Low Power Mode

Salah satu cara paling efektif menjaga baterai iPhone tetap hemat adalah mengaktifkan low power mode. Mode ini akan membantuk ponsel anda menonaktifkan aktivitas yang tidak penting, seperti download dan pengunduhan email. Dengan mode ini, anda bisa mencegah baterai iPhone boros. 

Mengatur Kecerahan Layar

Penyebab lain dari pemborosan baterai iPhone adalah kecerahan layarnya. Layar yang terlalu cerah akan memakan banyak daya baterai. Atur kecerahan layar ponsel anda menjadi lebih redup atau  jangan terlalu terang. Pastikan tingkat cahaya sesuai dengan kenyamanan mata anda. 

Nonaktifkan Lokasi Services

Banyak yang tidak sadar jika lokasi services pada iPhone ternyata aktif. Layanan ini biasanya digunakan dalam aplikasi Google Maps, Shopee, GPS, dan platfom digital lainnya. Penggunaan lokasi services ini akan memakan banyak daya baterai. Jadi jika tidak diperlukan lebih baik layanan lokasi service dimatikan agar baterai bisa hemat. 

Kurangi Notifikasi

Fitur notifikasi pada iPhone sangat bermanfaat untuk mengingatkan penggunanya ketika ada pesan masuk. Namun terkadang banyaknya notifikasi yang diaktifkan justru membuat baterai iPhone jadi cepat boros. Fitur notifikasi yang banyak akan memakan daya baterai cukup besar. Jadi lebih baik kurangi notifikasi, pilih dan pertahankan  yang menurut anda penting.

Itulah beberapa tips agar baterai iPhone awet dan tidak cepat habis. Hal penting yang perlu diperhatikan oleh pemiliki iPhone adalah mehgatur penggunaannya. Baterai dengan kapasitas besar pun akan cepat habis jika penggunannya berlebihan. Gunakan dan pilih fitur yang menurut anda penting dan dibutuhkan saja. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.