TSMC Mulai Produksi Chip 3nm Minggu Ini, Diklaim untuk iPhone 15
Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) dikabarkan siap memulai produksi massal chip 3nm (foto: dok. TSMC)

Bagikan:

JAKARTA - Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) dikabarkan siap memulai produksi massal chip 3nm (nanometer) paling cepat minggu ini. Perusahaan pertama yang menikmati teknologi chip tercanggih di dunia adalah Apple.

Dari laporan tersebut, diklaim semua chip Apple baru akan hadir dengan teknologi mutakhir itu pada 2023. Chip yang akan datang, chip M2 Pro akan menjadi yang pertama memanfaatkan teknologi TSMC 3nm.

Kemudian, diikuti generasi ketiga silikon Apple, chip M3 dan A17 Bionic untuk iPhone 15. Chip M2 Pro rencananya akan disematkan untuk MacBook Pro dan Mac Mini yang diperbarui.

Apple saat ini menggunakan chip 4nm TSMC dalam A16 Bionic yang mendukung seri iPhone 14 Pro, dan diperkirakan akan beralih ke chip 3nm dalam model generasi berikutnya.

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu, 28 Desember, menurut rumor yang beredar, TSMC berencana mengadakan upacara di Taman Sains Taiwan Selatan esok hari.

Acara ini untuk merayakan dimulainya produksi massal chip 3nm.Perusahaan juga akan menyoroti rencananya untuk memperluas produksi chip 3nm ke mitra lain.

Meski begitu, TSMC cukup terlambat hadir ke pesta 3nm, pesaingnya Samsung telah memulai produksi semikonduktor 3nm sekitar 6 bulan yang lalu tepat pada Juni, dan meluncurkan chip 3nm pertama di dunia pada 25 Juli.

Lalu, Samsung mengirimkan batch pertama chip 3nm hanya sebulan kemudian. Namun, Apple tampaknya tidak terkesan oleh Samsung karena tetap melanjutkan kerja samanya dengan TSMC.