Apple Bakal Benar-benar Bawa Chip Baru M3 dan A17 di 2023, Ini Buktinya!
Apple secara bertahap beralih dari Intel ke chip khusus pada iMac terbarunya. (foto : Dok. TSMC)

Bagikan:

JAKARTA - Apple secara bertahap beralih dari Intel ke chip khusus pada iMac anyarnya. Perusahaan akan menggunakan silikonnya sendiri sepenuhnya di masa depan dan kini detail tentang produksi chip 3nm Apple mencuat.

Menurut sebuah laporan DigiTimes, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) akan memulai produksi komersial chip proses 3nm pada kuartal terakhir tahun 2022. Apple diperkirakan akan meluncurkan perangkat pertamanya dengan chip 3nm pada tahun 2023 termasuk Mac dan iPhone. Chip itu diklaim akan dijuluki chip M3 serta chip A17.

Itu artinya, laporan DigiTimes mengarah bahwa chip 3nm yang diproduksi TSMC akan digunakan untuk jajaran produk anyar milik Apple tersebut.

Mengutip TechRadar, Jumat, 24 Desember,  prosesor 3nm baru akan menampilkan kemampuan kinerja yang ditingkatkan dan masa pakai baterai menjadi lebih baik, Chip M3 3nm bisa memberi daya pada 2023 Mac serta model iPhone.

Sebelumnya laporan menyebutkan, chip m3 di Mac masa depan berpotensi menampilkan hingga empat dadu. Ini memungkinkan chip akan memiliki CPU hingga 40-core, Sebagai perbandingan, chip M1 memiliki CPU 8-core sedangkan chip M1 Pro dan M1 max memiliki CPU 10-core. Tentu saja chip ini akan membuat performa perangkat semakin gahar.

Analisis: Pasar 3nm sedang bergeser secara besar-besaran

Tampaknya ada banyak perubahan di pasar, karena perusahaan menyesuaikan aliansi produksi mereka. Apple meninggalkan Intel untuk bekerja dengan TSMC secara langsung untuk membuat chip khusus, dimulai dengan chip M1 yang diperkenalkan pada Oktober 2020.

Sementara AMD dan Qualcomm sama-sama mengandalkan TSMC untuk berbagai macam produk mereka, tetapi kedua perusahaan tersebut juga mencari alternatif.

AMD mungkin akan membuat raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung, untuk memproduksi chip 3nm pertamanya untuk menggantikan TSMC, dan Qualcomm tampaknya juga mengincar Samsung.

Kemitraan Apple dengan TSMC tampaknya telah mengacak-acak beberapa pemain teknologi, yang mungkin mendorong mereka untuk mencari sumber lain.