Bagikan:

JAKARTA - Apple diduga akan menunda rilis MacBook dan iPad pertama dengan chip M3 baru hingga 2024, yang dibekali dengan chip 3nm (nanometer).

Menurut laporan beredar, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) yang merupakan pembuat chip terbesar di dunia dan sebagai penyokong perangkat Apple, mengalami kegagalan produksi.

TSMC telah mencoba membuat chip yang lebarnya hanya 3nm dengan proses N3-nya, tetapi hanya berhasil sekitar 55 persen. Hasil tersebut tentu saja lebih rendah dari yang diharapkan.

Apa yang dialami TSMC membuat beberapa perusahaan teknologi memikirkan kembali rencana mereka untuk membuat chip 3nm.

Laporan dari EE Times memperkuat informasi tersebut, di mana alasan utama penundaan pembuatan chip 3nm dalam jumlah besar karena kurangnya peralatan yang dibutuhkan dan tingkat keberhasilan lebih rendah.

Melansir GizChina, Sabtu, 6 Mei, TSMC harus menunggu sistem ASML NXE:3800E EUV, peralatan mewah yang diharapkan dapat membuat pembuatan chip hingga 30 persen lebih cepat. Namun pengiriman peralatan ini tertunda, yang berimbas kepada perusahaan.

Pada Februari, DigiTimes melaporkan Apple telah memesan semua pasokan 3nm milik TSMC. Chip A17 Bionic Apple, yang akan digunakan di iPhone 15 Pro baru, dikabarkan akan memiliki proses 3nm.

Lebih lanjut, karena siklus iPhone mencapai setiap kuartal antara akhir November dan Oktober, Apple dan TSMC kemungkinan akan memprioritaskan manufaktur A17 Bionic daripada M3.

M3 Apple bisa menjadi chip pertama di komputer pribadi yang dibuat menggunakan proses manufaktur 3nm. Perpindahan ke 3nm meningkatkan kepadatan transistor dan merupakan peningkatan dari proses 5nm yang ditingkatkan saat ini yang digunakan dengan M2.

Diketahui, M3 akan menawarkan lebih banyak pemrosesan sekaligus memiliki permintaan daya lebih rendah, yang dapat menyebabkan peningkatan kinerja lebih dari peningkatan biasa dari tahun ke tahun, seperti yang diwartakan MacWorld.

Apple bukan satu-satunya perusahaan yang terkena dampak masalah ini. Nvidia dan Qualcomm berharap untuk mulai membuat perangkat 3nm mereka pada 2025.