Daftar Cara Menghentikan SMS Spam yang Bisa Dilakukan oleh Korban
Ilustrasi SMS spam (Unsplash)

Bagikan:

 YOGYAKARTA – Hingga saat ini SMS spam masih terus terjadi dan dialami oleh banyak orang. Sebagian orang memang tidak terganggu dengan keberadaan SMS spam, namun ada pula yang terganggu karena risih mendapatkan pesan terus menerus. Lalu bagaimana cara menghentikan SMS spam?

Cara Menghentikan SMS Spam

Perlu diketahui, SMS spam adalah aktivitas berupa pesan yang dikirimkan secara terus menerus kepada seseorang. Intensitas pengiriman yang sering membuat pesan yang masuk ke kotak masuk SMS bersifat mengganggu. Selain itu ada risiko tertentu yang patut diwaspadai dari SMS spam seperti potensi adanya penipuan dan sebagainya.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, Anda bisa mencoba menghentikan SMS spam dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Gunakan Fitur Blokir SMS Spam

Saat ini ponsel Android maupun iPhone sudah memiliki fitur yang membantu membendung SMS spam yakni blokir SMS spam. Fitur ini bisa diaktifkan untuk mencegah nomor yang sama mengirimkan SMS spam ke nomor Anda.

Cara blokir SMS spam sangat mudah, Anda hanya tinggal masuk ke menu pesan lalu pilih, tekan da tahan pada pesan yang ingin diblokir. Klik “Tambahkan ke Daftar Hitam”.

Sedangkan pada iPhone adalah dengan membuka pesan dari nomor yang akan diblokir, lalu ketuk nomor pengirim. Setelahnya klik ikon info (i) lalu klik nomor telepon, dan pilih opsi “Blokir Penelepon” atau “Blokir Kontak”.

  1. Aktifkan Filter SMS Spam

Fitur ini jarang dipakai padahal sangat membantu memfilter spam yang dikirim lewat SMS. Cara aktifkan filter SMS spam di Android adalah dengan cara sebagai berikut.

  • Masuk ke menu Telepon;
  • ketuk ikon tiga titik yang ada di kanan atas;
  • masuk ke Pengaturan;
  • Blokir;
  • Blokir Pesan;
  • pilih Blokir Pesan dari Nomor Tak Dikenal.

Sedangkan untuk pengguna iPhone Anda bisa aktifkan fitur ini dengan cara sebagai berikut.

  • Masuk ke Pengaturan;
  • Pesan;
  • Pilih Memfilter Pengirim Tidak Dikenal, lalu aktifkan.
  1. Pakai Aplikasi Spam Blocker

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Spam Blocker yang banyak tersedia di Playstore atau AppStores. Aplikasi ini akan membantu membendung SMS spam secara otomasti dari pengirim yang tak dikenal. Tak hanya SMS, aplikasi juga akan membantu memblokir panggilan masuk dari nomor yang tidak Anda kenal.

  1. Laporkan Nomor Pelaku Spam ke Kemkominfo

Anda bisa melaporkan nomor yang digunakan untuk mengirimkan SMS spam ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Kementrian tersebut telah membuka pengaduan nomor spam sejak 2018 sehingga bisa dimanfaatkan.

Cara adukan nomor spam juga mudah, Anda bisa melaporkannya lewat akun Twitter @aduanBRTI agar nomor spam bisa diblokir oleh Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Dalam pelaporan Anda harus menyantumkan nomor yang dianggap melakukan spam. Jika nomor tersebut banyak diadukan oleh masyarakat maka pihak BRTI akan segera melakukan pemblokiran.

  1. Laporkan Nomor Pelaku Spam ke OJK

Selain ke Kemkominfo, pelaporan nomor pelaku spam juga bisa dilakukan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terutama jika dalam spam tercantum rekening dan nama bank. Cara laporkan SMS spam ke OJK adalah sebagai berikut.

  • Tangkap layar SMS spam atau penipuan, usahakan informasi yang berkaitan dengan nomor dan rekening terlihat;
  • Setelah itu kirim tangkapan layar tersebut ke email OJK yakni di [email protected];
  • Tunggu agar diproses.

Selain terkait cara menghentikan SMS spam, kunjungi VOI.ID untuk informasi menarik lainnya.

Terkait