Yuk Cari Tahu Penjelasan Bot Spam dan Bagaimana Cara Kerjanya
Ilustrasi email spam di Gmail (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Hampir semua dari Anda pasti pernah mendapatkan email spam yang sangat mengganggu. Selain mengganggu, ternyata spam juga dapat menjadi ancaman keamanan. 

Melansir dari Makeuseof, Bot spam merupakan agen otomatis yang menyebarkan spam, sebuah pesan yang tidak diminta atau tidak relevan ke banyak orang di seluruh internet. 

Spam biasa terjadi di forum online, platform media sosial, komunitas online, dan email. Dan sebagian besar spam online disebarluaskan oleh bot.

Ada beberapa alasan mengapa spammer menggunakan bot spam  untuk melancarkan serangannya, diantaranya yaitu untuk menyebarkan iklan, mendistribusikan malware, melakukan penipuan, atau bahkan membagikan backlink untuk meningkatkan peringkat mesin pencari.

Cara Kerja Bot Spam

Bot spam meniru perilaku manusia dan secara otomatis menyebarkan konten yang ditugaskan kepada mereka. Mereka akan membuat akun palsu di berbagai platform untuk menyelesaikan tugasnya.

Ketika bot mendapatkan akses ke suatu platform, mereka akan mulai mengirimkan pesan spam. Beberapa bot bahkan membantu spammer untuk mengumpulkan alamat email, nama pengguna atau nomor telepon sebagai targetnya. 

Dari informasi tadi, spammer kemudian mengirim malware atau mencuri informasi akun melalui serangan phishing ke email tersebut. Pelaku menggunakan spoofing email untuk membuatnya seolah-olah berasal dari sumber yang sah. 

Cara Menghentikan Bot Spam

Meskipun bot spam sangat umum, Anda masih bisa menghentikannya dengan cara berikut ini:

  • Gunakan reCAPTCHA

Layanan ini, dirancang oleh Google untuk membantu melindungi situs web Anda dari bot spam. Google reCAPTCHA menggunakan teknik canggih untuk membedakan antara manusia dan bot.

  • Saring Alamat IP

Anda harus memblokir atau memasukkannya ke dalam daftar hitam jika melihat aktivitas mencurigakan dari alamat IP tertentu. Dengan begitu, Anda melindungi diri dari potensi spam. 

  • Gunakan Software Perlindungan Bot Spam

Perangkat lunak manajemen bot dapat membantu Anda untuk melindungi situs web dari bot spam yang mencoba merusak merek Anda. 

Perangkat lunak semacam itu sering menangani aktivitas spam serta pengumpulan kredensial atau email. Mereka juga dapat membedakan antara bot yang buruk dan baik, yang sangat penting untuk bisnis yang menggunakan chatbot dan bot baik lainnya.