Microsoft Berhenti Rilis Pembaruan Firmware dan Driver Baru di Surface Laptop 2 Minggu Ini
Microsoft akan mengakhiri dukungan perangkat untuk Surface Laptop 2. (foto: twitter @surface)

Bagikan:

JAKARTA - Mulai minggu ini, Microsoft akan mengakhiri dukungan perangkat untuk Surface Laptop 2. Perusahaan berhenti merilis pembaruan firmware dan driver baru.

Tepat pada 27 Desember kemarin, menandai berakhirnya siklus hidup laptop generasi kedua Microsoft itu selama empat tahun.

Microsoft meluncurkan Surface Laptop 2 pada Oktober 2018, yang hadir dengan layar 13 inci dan ditenagai prosesor Intel Core Generasi ke-8. Laptop ini juga dibekali RAM 16GB dan konfigurasi penyimpanan 128GB hingga 1TB.

Dengan laptop ini, perusahaan mengembalikan pilihan warna hitam klasik dari tablet Surface Pro dan RT asli. Sudah sekitar empat tahun sejak itu, yang merupakan jangka waktu berapa lama Microsoft mendukung perangkat Surface.

Perangkat tersebut akhirnya digantikan oleh Surface Laptop 3 yang memperkenalkan ukuran 15 inci untuk pertama kalinya pada produk Surface.

Surface Laptop 3 berada di urutan berikutnya untuk akhir dukungan, dijadwalkan mencapai tonggak sejarah itu tahun depan pada 22 Oktober.

Melansir laman resmi Microsoft, Rabu, 28 Desember, meski berakhirnya dukungan, bukan berarti Surface Laptop 2 yang sudah di tangan pengguna tidak akan menerima pembaruan Windows di masa mendatang.

Laptop yang kompatibel dengan Windows 11 akan terus mendapatkan pembaruan keamanan dan fitur untuk sistem operasi hingga 2025. Namun, perangkat ini hanya tidak mendapatkan pembaruan firmware dan driver mulai sekarsng.

Artinya, pengguna Surface Laptop 2 mungkin bisa mengalami masalah kompatibilitas atau bug yang belum terselesaikan di beberapa titik.

Lebih lanjut, komputer Surface berikutnya yang berhenti mendapatkan pembaruan firmware dan driver pada 2023, adalah Surface Book 2 2017, Surface Pro 6 2018, serta Surface Laptop 3 dan Surface Pro 7 yang dirilis pada 2019.