Microsoft Akan Pamerkan Perangkat Baru di Acara Surface AI
Microsoft akan perkenalkan laptop Surface terbaru (foto: dok. Microsoft)

Bagikan:

 JAKARTA – Microsoft Build 2024, acara khusus para pengembang, akan diselenggarakan pada Selasa, 21 Mei. Sehari sebelum acara tahunan itu digelar, Microsoft akan mengadakan acara Surface AI.

Acara ini akan diadakan secara tertutup dan tidak akan disiarkan secara langsung. CEO Microsoft, Satya Nadella, akan hadir di acara tersebut untuk membahas, "visi AI perusahaan di seluruh perangkat keras dan perangkat lunak.”

Sesuai dengan tema acaranya, Microsoft akan memperkenalkan laptop Surface dengan sistem operasi (OS) yang ditingkatkan. Perangkat baru ini akan menggunakan Windows yang semuanya berfokus pada Kecerdasan Buatan (AI).

Microsoft tidak menjelaskan tipe Surface yang akan mereka bahas di acara tersebut. Namun, narasumber The Verge mengatakan bahwa Microsoft akan memperkenalkan Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6.

Kabarnya, Surface Laptop 6 akan menggunakan prosesor terbaru buatan Qualcomm, yaitu Snapdragon X Elite. Proses ini sudah menggunakan Neural Processing Units (NPU) yang dirancang khusus untuk mendukung fitur AI.

Selain memperkenalkan dua perangkat baru, Microsoft akan menjelaskan perangkat lunak yang sedang mereka kerjakan, yaitu AI Explorer. Mengutip dariWindows Central, AI Explorer mirip dengan fitur Timeline yang telah dihapus.

Microsoft juga akan membahas Copilot, asisten AI yang dikembangkan perusahaan tersebut. Baru-baru ini, Microsoft meluncurkan Copilot versi berbayar seharga 20 dolar AS (Rp314 ribu) per bulan. Chatbot ini juga akan dibahas di acara Microsoft Build 2024.