Bagikan:

JAKARTA – Microsoft Build 2024, acara tahunan dari Microsoft, telah digelar pada Selasa, 21 Mei. Di acara tersebut, Microsoft mengumumkan banyak pembaruan penting, baik itu jajaran Surface atau perangkat terbaru.

Acara ini memang tidak digelar secara online sehingga Anda mungkin tidak mengetahui pengumuman terbarunya. Jika Anda tidak ingin ketinggalan informasi, berikut ini beberapa informasi penting yang Microsoft umumkan, dikutip dari The Verge.

Peluncuran Copilot Plus PCs

Saat ini Microsoft berusaha memasukkan Kecerdasan Buatan (AI) ke dalam personal computer (PC) buatannya. Salah satu upaya Microsoft untuk menghadirkan perangkat dengan AI terbaik adalah dengan meluncurkan Copilot Plus PCs.

Perangkat baru ini didesain untuk mendukung seluruh fitur berbasis AI di Windows 11. Dengan menggunakan prosesor Snapdragon X Elite dan Plus berbasis Arm, perangkat ini diklaim 58 persen lebih cepat dibandingkan MacBook Air dengan chip M3.

Fitur Recall di Copilot Plus PCs

Selain meluncurkan perangkat terbaru, Microsoft juga mengumumkan fitur andalan yang akan ditambahkan ke dalam Copilot Plus PCs, yaitu Recall. Ini merupakan fitur lokal yang akan mencatat seluruh aktivitas yang Anda lakukan di komputer.

Fitur ini bisa membantu Anda dalam mencari dan mengambil suatu konten. Recall juga bisa melacak apa yang Anda butuhkan di berbagai macam aplikasi, baik itu Discord, PowerPoint, atau aplikasi lainnya yang biasa Anda gunakan sehari-hari.

Surface Pro dengan Layar OLED

Untuk pertama kalinya, Microsoft meluncurkan laptop Surface dengan panel layar OLED. Selama dipamerkan, Microsoft mengatakan bahwa perangkat dengan ukuran 13 inci ini bekerja 90 persen lebih cepat dibandingkan dengan model sebelumnya.

Surface Pro akan hadir dalam empat warna, yaitu biru, krem, hitam, dan platinum. Perangkat baru ini akan kompatibel dengan Surface Pro Flex Keyboard baru. Menariknya, keyboard ini bisa tetap berfungsi, baik saat dipasang maupun dilepas dari perangkat.

Kehadiran Aplikasi Editing di Copilot Plus PCs

Terakhir, Microsoft mengumumkan bahwa mereka menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan untuk mengoptimalkan Copilot Plus PCs. Aplikasi yang tersedia di laptop tersebut adalah Adobe Photoshop versi asli, Lightroom, Firefly, dan Express Arm64.

Empat aplikasi itu sudah diluncurkan ke dalam Copilot Plus PCs. Microsoft juga akan menambahkan DaVinci Resolve, CapCut, LiquidText, Cephable, Djay Pro, Illustrator, dan Premiere Pro. Khusus Illustrator dan Premiere Pro, keduanya akan diluncurkan pada musim panas ini.