Karyawan Microsoft Bocorkan Fitur Tab Aplikasi Notepad Windows 11
Wiindows 11 segera munculkan Tab untuk Notepad. (foto: twitter @Windows)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang karyawan Microsoft secara tidak sengaja mengumumkan bahwa aplikasi Notepad Windows 11 mendapatkan fitur tab. Karyawan tersebut, seorang manajer produk senior di Microsoft, memposting foto versi Notepad dengan tab, dan secara antusias mengumumkan "Notepad di Windows 11 sekarang memiliki tab!" dengan emoji pengeras suara.

Tweet itu dihapus beberapa menit kemudian, tetapi masih dapat dilihat sebelum Windows Central dan beberapa akun Twitter penggemar Windows telah melihat kesalahan tersebut. Tangkapan layar Notepad menyertakan peringatan internal Microsoft: "Rahasia Jangan membahas fitur atau mengambil tangkapan layar."

Peringatan itu menunjukkan bahwa fitur tab masih dalam pengujian internal awal di Microsoft, tetapi fitur tab Notepad mungkin tiba di Windows Insiders di awal tahun 2023.

Jika Microsoft melanjutkan dengan tab untuk Notepad, itu akan menjadi aplikasi bawaan pertama yang mendapatkan antarmuka tab setelah Microsoft menambahkan tab ke File Explorer awal tahun ini.

Microsoft awalnya menguji tab di semua aplikasi Windows 10 empat tahun lalu dalam fitur bernama Sets. Ini termasuk dukungan untuk tab di dalam Notepad dan File Explorer, tetapi Microsoft akhirnya membatalkan proyek tersebut dan tidak pernah mengirimkannya ke pengguna Windows 10.

Penambahan tab di Notepad dapat menandakan pergeseran ke arah tab yang muncul di lebih banyak aplikasi Windows bawaan. Microsoft mungkin telah membatalkan fitur Sets untuk Windows 10, tetapi itu tidak menghentikan pengguna daya Windows untuk menggunakan alat dan aplikasi pihak ketiga untuk menghidupkan tab di berbagai bagian sistem operasi.