Microsoft Uji Coba Fitur Tab untuk Aplikasi Notepad di Windows 11
Fitur Tab di Aplikasi Notepad / dok. Ist

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi Notepad di Windows 11 sepertinya akan memiliki fitur tab baru. Informasi ini secara tidak sengaja diumumkan oleh seorang karyawan Microsoft di media sosialnya.

Karyawan tersebut, yang merupakan seorang produk senior di Microsoft, mengunggah foto tangkapan layar Notepad versi dengan tab di laman Twitter-nya, "Notepad di Windows 11 sekarang memiliki tab!," tulisnya dalam pengumuman tersebut.

Sayangnya, kemudian Tweet itu dihapus beberapa menit. Namun, Windows Central dan beberapa akun Twitter penggemar Windows telah menyimpan gambar tangkapan layar tersebut dan menjadi viral.

Dengan hadirnya fitur ini, pengguna dapat membuka banyak folder dan direktori di bawah satu jendela, seperti halnya browser web dimana pengguna dapat membuka banyak halaman web di bawah satu jendela.

Selain mengungkapkan antarmuka tab baru di dalam aplikasi, tangkapan layar itu juga menyertakan peringatan internal Microsoft, "Rahasia. Jangan membahas fitur atau mengambil tangkapan layar."

Peringatan tersebut menunjukkan, fitur tab masih dalam pengujian internal awal di Microsoft, tetapi kemungkinan fitur tersebut akan tiba di Windows Insiders di awal 2023.

Jika Microsoft meluncurkan fitur tab untuk Notepad, akan menjadi aplikasi bawaan pertama yang mendapatkan antarmuka tab setelah Microsoft menambahkan tab ke File Explorer awal tahun ini.

Microsoft awalnya menguji tab di semua aplikasi Windows 10 empat tahun lalu dalam fitur bernama Sets. Ini termasuk dukungan untuk tab di dalam Notepad dan File Explorer, tetapi Microsoft akhirnya membatalkan proyek tersebut dan tidak pernah mengirimkannya ke pengguna Windows 10.

Melansir The Verge, Minggu, 25 Desember, Microsoft mungkin telah membatalkan fitur Sets untuk Windows 10, tetapi itu tidak menghentikan pengguna Windows untuk menggunakan alat dan aplikasi pihak ketiga, guna menghidupkan tab di berbagai bagian sistem operasi.