Bagikan:

JAKARTA – Setelah berhenti mendukung Surface Duo generasi pertama pada tahun lalu, Microsoft kini akan melakukan hal yang sama terhadap Surface Duo 2. Perangkat ini akan kehilangan dukungan dalam waktu dekat. 

Mengutip dari laporan WindowsCentral, Microsoft telah merencanakan pembaruan keamanan terakhir untuk Surface Duo 2. Patch keamanan ini akan diluncurkan pada 21 Oktober. Setelah patch tersebut dirilis, Microsoft akan mengabaikan Surface Duo 2 sepenuhnya. 

Meski patch keamanannya tidak akan diperbarui lagi, perangkat ini masih bisa digunakan selama beberapa tahun ke depan. Hanya saja, perangkat ini lebih rentan terhadap risiko keamanan dan eksploitasi karena sistemnya yang tidak sekuat dulu. 

Sebenarnya, ini bukan kabar yang mengejutkan. Surface Duo generasi pertama gagal menarik pasar saat diluncurkan pada tahun 2020. Ponsel lipat ini juga memiliki spesifikasi yang kurang baik dan pengalaman perangkat lunak yang buruk sehingga kurang diminati.

Lebih parahnya lagi, Microsoft seperti mengabaikan perangkat ini dengan tidak meluncurkan pembaruannya secara rutin. Sistem operasi (OS) dari perangkat tersebut tidak pernah diperbarui tepat waktu hingga akhirnya Microsoft mengakhiri dukungan perangkat tersebut.

Surface Duo 2 yang dirilis setahun setelah generasi pertama memiliki riwayat perjalanan yang hampir sama. Dengan harga 1.500 dolar AS (Rp23 juta), perangkat ini memiliki daya tahan baterai yang buruk, kinerja kamera yang tidak konsisten, dan lainnya.

Perangkat lunaknya juga sering bermasalah, sama seperti model perangkat sebelumnya, sehingga berakhirnya dukungan terhadap perangkat ini tidak begitu mengejutkan. Sepertinya, Microsoft tidak akan merilis Surface Duo generasi berikutnya.