Microsoft Sematkan Berbagai Peningkatan di Surface Duo 2, Termasuk Konektivitas 5G!
Surface Duo generasi pertama membuat gebrakan berkat desainnya yang unik. (foto: dok. microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Perpaduan perangkat lipat antara ponsel dan tablet yakni Surface Duo 2 milik Microsoft baru saja meluncur. Dengan membawa sejumlah fitur dan perubahan besar lain dari pendahulunya.

Dibekali dua layar AMOLED 5,8 inci yang dapat digunakan untuk bermain gim, multitasking dan aktivitas lainnya. Mirip dengan Samsung Galaxy Z Fold, pengguna juga dapat melakukan aktivitas pada kedua layar sekaligus.

Saat dibuka penuh, seluruh ukuran layarnya menjadi 8,3 inci. Microsoft telah menggabungkan dua panel dengan engsel untuk membuat perangkat yang memungkinkan pengguna tidak hanya menggunakan kedua layar secara bersamaan, tetapi juga memindahkan aplikasi dan konten dengan mulus di antara keduanya.

Surface Duo generasi pertama membuat gebrakan berkat desainnya yang unik. Tetapi tidak memiliki layar eksterior sama sekali, sekarang Surface Duo 2 memiliki sepotong layar yang disebut Glance Bar, untuk menampilkan notifikasi saat ponsel ditutup.

Surface Duo 2 telah menjalankan Android 11, membuatnya paling menonjol di antara produk Surface lainnya yang sebagian besar menjalankan Windows. Seperti yang diklaim Microsoft, Surface Duo 2 berbeda dari pendahulunya dengan menambahkan dukungan 5G (kecepatan mmWave dan sub6) serta NFC untuk pembayaran tanpa kontak.

Sektor kamera juga telah ditingkatkan secara signifikan, dengan susunan tiga lensa yakni wide 12MP, telefoto 12MP, dan ultra-wide 16MP, menggantikan lensa tunggal yang ada pada model terakhir. Ini juga mampu merekam video hingga 4K pada 60 frame per detik.

Dapur pacu Surface Duo 2 juga disokong SoC Qualcomm Snapdragon 888 5G, chipset flagships terkuat baru-baru ini yang disematkan pula pada seri Samsung Galaxy S21 dan ASUS ROG 5. Ponsel lipat ini memiliki RAM 8GB dan pilihan penyimpanan 128GB, 256GB, atau 512GB.

Satu tambahan terakhir di sisi jaringan adalah penyertaan dukungan WiFi 6, jadi jika pengguna menggunakan router WiFi 6 di rumah, maka ia mungkin akan mendapatkan kecepatan internet tambahan dari Surface Duo 2. Demikian dikutip dari Mashable, Kamis, 23 September.