JAKARTA - Ford Motor Co dan startup Redwood Materials mengatakan pada Rabu, 22 September bahwa mereka bermitra untuk membentuk "loop tertutup" atau rantai pasokan melingkar untuk baterai kendaraan listrik, dari bahan mentah hingga daur ulang.
Tujuannya adalah untuk menurunkan biaya EV dengan mengurangi ketergantungan pada bahan impor, sementara juga mempersempit dampak lingkungan dari penambangan dan pemurnian bahan baterai.
Ford dan Redwood akan bekerja sama dengan pembuat baterai Korea SK Innovation, yang memiliki usaha patungan dengan Ford yang disebut BlueOvalSK untuk membuat sel baterai EV di Amerika Serikat, kata eksekutif Ford Lisa Drake pada konferensi pers.
Redwood, yang didirikan pada tahun 2017 oleh mantan eksekutif Tesla Inc, J.B. Straubel, telah mendaur ulang sisa baterai dan material di fasilitas di Nevada.
Pada pertengahan September, perusahaan mengatakan akan memperluas bisnisnya untuk memasukkan pemurnian bahan-bahan tersebut menjadi komponen baterai, termasuk katoda dan anoda, dengan tujuan memasok cukup komponen tersebut untuk melengkapi satu juta kendaraan listrik setelah 2025.
Pada bulan Juli, Redwood mengumpulkan 700 juta dolar AS dari investor, termasuk Amazon.com Inc, Fidelity, T. Rowe Price dan Baillie Gifford. Pada hari Rabu, Straubel mengatakan Ford telah menginvestasikan 50 juta dolar AS. Redwood saat ini bernilai 3,7 miliar dolar AS, oleh situs web investor PitchBook.
Redwood memiliki kemitraan dengan pembuat baterai Panasonic di Nevada dan Envision AESC di Tennessee, serta Amazon.
BACA JUGA:
Masalah manajemen siklus hidup baterai semakin penting dalam rencana produsen kendaraan dan baterai.
Presiden General Motors Co Mark Reuss, pada konferensi pada Selasa, 21 September, mengatakan daur ulang dan penggunaan kembali bahan baterai EV adalah masalah penting bagi industri otomotif karena meningkatkan produksi kendaraan listrik. Baca selengkapnya
"Ada banyak bahan dalam sel baterai yang bisa digunakan kembali," katanya. "Kami menghabiskan waktu untuk itu."
GM dan mitra baterai LG Energy Solution pada bulan Mei mengumumkan kemitraan dengan startup Li-Cycle untuk mendaur ulang bahan bekas baterai dari Ultium Cells, perusahaan patungan GM-LGES yang membangun pabrik baterai di Ohio dan Tennessee.
Straubel mengatakan Redwood bertujuan untuk mulai mendaur ulang beberapa bahan dari Ford tahun ini, dengan tujuan memasok bahan anoda pertama pada tahun 2023-2024 dan bahan katoda pertama pada pertengahan dekade.