Ini Spesifikasi Microsoft Surface, Laptop Barang Bukti yang Dirusak dalam Kasus Pembunuhan Brigadir J
Tampilan Microsoft Surface Pro 9 (foto: Microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Penetapan Putri Candrawathi sebagai tersangka kasus pembunuhan  Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J berawal dari temuan rekaman CCTV yang awalnya dikabarkan rusak. 

Berdasarkan konferensi pers yang dilakukan pada bulan Agustus lalu, ditemukan juga barang bukti berupa laptop Dell dan Microsoft Surface Tablet yang turut dirusak. 

Jika berbicara soal Microsoft Surface Tablet, Microsoft sendiri pertama kali meluncurkan Microsoft Surface tablet pada tahun 2012 silam, dan kemudian dikembangkan menjadu Surface Pro tablet, Surface Laptop, Surface Studio desktop dan model lainnya.

Model terbaru dari Microsoft Surface diluncurkan baru-baru ini. Adapun tiga produk utama baru yang diluncurkan Microsoft adalah Surface Pro 9, Surface Laptop 5, dan  Surface Studio 2 Plus all-in one. 

Microsoft Surface Pro 9 dan Pro 9 dengan 5G

Microsoft Surface Pro 9 memiliki layar 13 inci dengan resolusi 2.880x1.920 dan kecepatan refresh 120Hz, cukup adaptif untuk semua kebutuhan Anda.

Di sisi pemrosesan, Microsoft menawarkan pilihan antara Surface Pro 9 dengan prosesor Intel Core generasi ke-12 (i5 atau i7) atau Microsoft Surface Pro 9 berkemampuan 5G yang berjalan pada prosesor SQ3 Microsoft, yang dilaporkan berbasis teknologi Qualcomm. 

Model WiFi hadir dengan RAM 8GB, 16GB, atau 32GB, sedangkan versi 5G dikunci hanya 8GB atau 32GB. 

Perbedaannya, Surface Pro 9 biasa hadir dengan sepasang port USB-C dengan kemampuan Thunderbolt 4, sedangkan dua port USB-C versi 5G tidak mendukung Thunderbolt 4. Namun, model ini memiliki port SIM.

Microsoft Surface Laptop 5

Sama seperti Surface Pro 9, Microsoft Surface Laptop 5 memiliki layar sentuh dengan resolusi lebih rendah, taitu 2.256x1.504. Tapi, keyboard di model ini sudah terpasang dan bukan sebagai aksesori terpisah. 

Microsoft meluncurkan dua variasi untuk model ini, yaitu model 13,5 inci yang lebih portabel dan model 15 inci yang lebih besar.

Meskipun memiliki dua versi, keduanya hadir dengan prosesor Intel Core generasi ke-12. Model 13,5 inci dapat menjalankan varian i5 atau i7, sedangkan model 15 inci dikunci untuk i7. 

Anda bisa mendapatkan RAM 8GB, 16GB, atau 32GB dan penyimpanan yang dapat dilepas hingga 1TB di semua model.

Microsoft Surface Studio 2 Plus

Produk selanjutnya adalah Surface Studio 2+ 28-inci, PC desktop yang ditujukan terutama untuk tipe kreatif yang membutuhkan kekuatan pemrosesan dalam jumlah besar, seperti render 3D yang kompleks dan yang lainnya. 

Seperti Surface Studios sebelumnya, perangkat all-in-one, mencakup monitor dan PC terintegrasi satu sama lain ini memiliki layar sentuh dengan resolusi 4.500x3.000.

Dengan prosesor Intel Core i7 generasi ke-11 yang memukau, Surface Studio 2 Plus memiliki kartu grafis laptop NVIDIA GeForce RTX 3060 dan RAM dikunci hingga 32GB dan penyimpanan dikunci hingga 1TB. 

Model ini memiliki tiga port USB-C Thunderbolt 4, yang akan membuatnya kompatibel dengan hingga tiga layar 4K eksternal. Ada juga dua port USB tipe-A, jack headphone, dan port  Ethernet gigabit untuk menghubungkan koneksi Anda dengan kabel.