Bikin Meeting Online Lebih Menarik! Microsoft Hadirkan Avatar Gaya Metaverse ke Teams
Image Credit: Dok. Microsoft

Bagikan:

JAKARTA - Avatar animasi atau bergaya metaverse sekarang telah tersedia di Microsoft Teams, pengguna bisa menggunakan fitur baru ini untuk menghadiri rapat atau acara tertentu di aplikasi konferensi video tersebut.

Avatar baru ini adalah bagian dari platform Microsoft Mesh, dimana pengguna dapat memilih versi animasi yang disesuaikan untuk ditampilkan dalam rapat Teams, sedikit mirip dengan avatar virtual Zoom.

Melalui aplikasi Avatar di toko aplikasi Microsoft Teams, pengguna dapat mendesain hingga tiga avatar untuk digunakan dalam rapat dengan gerakan untuk bereaksi.

Meluncurnya avatar ini, dikatakan Microsoft dapat memberikan pengguna waktu untuk beristirahat dari kamera dengan mereka tetap hadir di rapat tersebut.

“Data kami menunjukkan bahwa 51 persen Gen Z membayangkan bekerja di metaverse dalam dua tahun ke depan. Anda dapat membuat avatar khusus untuk mewakili diri Anda sendiri," ungkap CVP Microsoft untuk pekerjaan modern Jared Spataro.

Hadirnya avatar metaverse ini menjadi komitmen Microsoft untuk mengaburkan batas antara perangkat lunak konferensi video dan metaverse, yang diyakini oleh beberapa pemimpin bisnis sebagai perkembangan besar berikutnya dalam alat kolaborasi setelah beralih ke kerja hybrid.

Melansir TechRadar, Minggu, 16 Oktober, avatar mungkin juga merupakan permainan kecil dalam tujuan perusahaan merevitalisasi platform yang mengalami stagnasi selama setahun terakhir.

Microsoft mengatakan bahwa lebih dari 270 juta orang secara aktif menggunakan Teams setiap bulan, jumlah yang tidak berubah sejak Januari seiring dengan semakin banyaknya pekerja yang kembali ke kantor.

Avatar tersedia di Teams standar untuk pelanggan pratinjau pribadi, sementara organisasi yang tertarik untuk mencobanya dapat mendaftar untuk pembaruan di situs web Teams jika mereka belum menjadi bagian dari Teams Technical Access Program.