Bagikan:

JAKARTA - Microsoft Teams akan menambahkan avatar 3D yang dapat digunakan pengguna saat melakukan panggilan video. Avatar itu akan diperkenalkan pada Mei 2023.

Menurut roadmap Microsoft 365 dengan Fitur ID 107969, avatar ini merupakan sebuah cara untuk hadir secara visual dalam rapat video tanpa benar-benar menunjukkan wajah pengguna.

Avatar Teams menampilkan orang sebagai model 3D. Model ini kemudian dianimasikan hanya menggunakan suara sebagai isyarat, artinya pengguna tidak perlu lagi duduk di depan webcam.

Microsoft juga menggembar-gemborkan opsi dan reaksi penyesuaian. Avatar Teams pertama kali diumumkan pada November 2021.

Saat itu, perusahaan mencatat pengguna yang lebih menyukai interaksi non-robotik antar avatar dapat mengaktifkan metode interaktif seperti kontak mata dan reaksi langsung. Avatar 3D ini didukung oleh platform realitas campuran Mesh (MR).

Perusahaan menunjukkan proses pembuatan karakter pada Oktober 2022. Pembuat avatar Teams dapat penyesuaian wajah, rambut, tata rias, dan pakaian model, seperti video gim, seperti dikutip dari Evening Standard, Rabu, 15 Maret.

Selama beberapa bulan terakhir, fitur ini disebut Microsoft sebagai Pratinjau Pribadi, hanya dapat diakses oleh mereka yang tergabung dalam Program Adopsi Teknologi Teams, yang memerlukan penandatanganan NDA. Ini bukan beta publik standar yang dapat dicoba oleh siapa saja.

Fitur avatar ini adalah bagian dari Teams Premium, yang diluncurkan di Amerika Serikat (AS) sebagai langganan 10 dolar AS per bulan pada Februari lalu. Belum diketahui pasti apakah Microsoft akan meluncurkannya secara global.