Microsoft Luncurkan Mesh, Platform Rapat Virtual di Teams
Contoh tampilan ruang virtual Mesh di Microsoft Teams (foto: Microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft mengumumkan telah meluncurkan Mesh, ruang rapat virtual imersif 3D, untuk semua pengguna Microsoft Teams di PC ataupun perangkat Meta Quest VR.

“Untuk mendukung pekerjaan hibrid dan organisasi yang tersebar secara geografis, kami menciptakan Microsoft Mesh. Mesh mendukung pengalaman 3D yang imersif menggunakan teknologi generasi mendatang yang membantu koneksi virtual terasa lebih seperti interaksi tatap muka,” tulis Microsoft dalam pengumumannya.

Tidak hanya ruang virtual, Microsoft Mesh juga memungkinkan Anda membuat avatar untuk mewakili diri Anda, dan bertemu dengan avatar lainnya di ruang virtual yang sama.

Di sini, Anda juga dapat menggunakan fitur Teams yang Anda sukai, seperti mengakses konten bersama untuk berkolaborasi, berkomunikasi dengan obrolan Teams, dan menggunakan reaksi langsung untuk mengekspresikan diri.

Mesh juga menyediakan serangkaian ruang siap pakai yang dapat disesuaikan oleh perusahaan dengan segala hal mulai dari video informasi hingga logo, tanpa perlu memasukkan kode apa pun.

Microsoft mengatakan bahwa Toolkit Mesh ini bekerja melalui Unity, platform pengembangan 2D dan 3D Microsoft, untuk menyesuaikan dunia virtual yang lebih jauh.

“Mesh for Teams telah terbukti membawa perubahan besar bagi kami; pertemuan hybrid kami lebih kolaboratif dan mendalam, serta lebih menyenangkan,” ujar Leo Barella, Chief Technology Officer Takeda, salah satu perusahaan yang pelanggan yang telah menggunakan Mesh.

Saat ini, Microsoft menawarkan uji coba gratis selama enam bulan kepada siapa saja yang memiliki paket bisnis atau perusahaan.

Jika tidak, harga berkisar dari 4 dolar AS (Rp63 ribu) per pengguna bulanan untuk Microsoft Teams Essentials hingga 57 dolar AS (Rp902 ribu) per pengguna bulanan untuk Microsoft 365 E5.