Bing Chat Kini Hadir di Sidebar Microsoft Egde
Microsoft Edge memiliki tombol pintasan untuk Kecerdasan Buatan (AI) Bing Chat. (foto: dok. microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft Edge sekarang memiliki tombol pintasan di sidebar untuk chatbot bertenaga Kecerdasan Buatan (AI) Bing Chat. Awalnya, hanya tersedia di versi dev Edge, tetapi sekarang diluncurkan ke versi stabil browser tersebut.

Sidebar baru muncul sebagai tombol Bing besar di kiri atas Edge. Ketika pengguna mengarahkan kursor atau mengkliknya akan mengaktifkan pengalaman Bing Chat yang baru.

Anggota pratinjau Bing, dapat menggunakan fungsi obrolan untuk mengajukan pertanyaan kepada chatbot atau menjajal opsi penulisan yang bisa menghasilkan teks.

Fitur penulisan itu dapat berguna untuk yang lain, seperti membuat teks postingan media sosial, pembaruan LinkedIn, agenda rapat, penulisan situs web, dan banyak lagi.

Karena sidebar didasarkan pada konteks halaman yang pengguna lihat di Edge, mereka dapat meminta chatbot untuk meringkas informasi di situs belanja jika sedang melihat produk.

Bilah samping Bing juga dapat meringkas artikel, membandingkan item di halaman web, dan pengguna bisa emilih dari berbagai nada untuk membuat teks di entri blog, email, daftar berpoin, dan lainnya.

Dengan menambahkan Bing baru di sidebar Edge ini mengisyaratkan ke mana Microsoft dapat menggunakan fitur AI-nya untuk Windows, Office, dan tempat lain.

Pesaingnya, Google juga baru saja mengumumkan rencananya sendiri untuk menambahkan AI seperti ChatGPT ke Gmail dan Google Docs, di mana pengguna Google Workspace dapat secara otomatis membuat email, dokumen, dan lainnya.

Melansir The Verge, Rabu, 15 Maret, Microsoft diperkirakan akan mengungkap fitur serupa di acara AI yang akan berfokus pada bagaimana AI mirip ChatGPT akan bekerja di aplikasi Office seperti Teams, Word, dan Outlook, minggu ini.

Sebagai informasi, Microsoft juga telah meluncurkan pengalaman Copilot AI generatif baru yang serupa di Microsoft Dynamics 365 dan Viva Sales awal bulan ini, yang menggunakan Azure OpenAI Service untuk membuat email penjualan secara otomatis.