Bagikan:

JAKARTA - Bing Chat kembali mendapatkan fitur baru yang ditunggu-tunggu. Sekarang, pengguna dapat melihat kembali obrolan lama mereka dengan chatbot berkat fitur Riwayat Obrolan.

Microsoft, pemilik Bing Chat kini tak lagi akan menghapus riwayat obrolan penggunanya. Ia akan tersimpan dengan baik dan pengguna dapat melihatnya di sisi kanan jendela obrolan, seperti dikutip dari blog perusahaan, Selasa, 23 Mei.

Mirip dengan ChatGPT besutan OpenAI, pengguna juga dapat mempersonalisasi riwayat dengan menghapus dan mengganti nama obrolan berdasarkan kebutuhan mereka.

Meski begitu, Microsoft sepertinya mengaktifkan fitur Riwayat Obrolan secara default dan pengguna tidak diberikan opsi untuk menonaktifkannya.

Selain fitur Riwayat Obrolan, pengguna juga disuguhkan dengan fitur baru lainnya seperti tombol Ekspor, di mana pengguna bisa membagikan atau mengekspor percakapan ke PDF, file teks, atau Dokumen Microsoft Word untuk menyimpan temuan mereka dengan cara yang lebih terstruktur.

Terdapat juga bagan dan visualisasi, di mana akhirnya Microsoft menambahkan elemen visual untuk membantu menyempurnakan jawaban chat. Misalnya saja saat pengguna menanyakan, "Peringkatkan kota di Brasil menurut populasi”, dan Bing Chat kemudian akan menghasilkan bagan.

Bing Chat juga menambahkan hamparan video untuk merespons. Pengguna dapat mengeklik video untuk meluncurkan overlay video layar penuh. Jika menyertakan stempel waktu, ini akan muncul di sebelah kanan dan mereka dapat menggunakannya untuk menavigasi di dalam video.

Perusahaan juga telah memperbaiki beberapa masalah di mana dialog Bagikan membutuhkan waktu lebih lama untuk ditampilkan daripada yang dimaksudkan dan tidak menampilkan pertanyaan (hanya jawabannya) dalam percakapan bersama.

Tak luput, Microsoft juga meningkatkan kegunaan kata yang disarankan saat mengetik permintaan pengguna di obrolan Bing.

Terakhir, peningkatan privasi di sidebar Edge juga datang. Sekarang, obrolan di sidebar dapat meringkas dan menjawab pertanyaan tentang dokumen yang dilihat di browser Edge, baik online atau di PC.

Saat pengguna mengajukan pertanyaan tentang konten di PC atau konten pribadi yang bukan merupakan bagian dari indeks pencarian, Bing Chat tidak akan merekam log apa pun dari percakapan ini.

Dengan pengenalan riwayat obrolan, pengguna akan menyadari percakapan ini juga tidak muncul sebagai bagian dari riwayat obrolan mereka.