Bing Chat Kini Resmi Hadir di Aplikasi SwiftKey untuk Android dan iOS
Microsoft baru saja mengumumkan secara resmi integrasi Bing Chat ke Swiftkey untuk Android dan iOS.(foto: dok. microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft baru saja mengumumkan secara resmi integrasi Bing Chat ke Swiftkey untuk Android dan iOS, di mana pengguna dapat mengakses dan berinteraksi langsung dengan chatbot Kecerdasan Buatan (AI) tersebut.

SwiftKey menjadi bagian dari keluarga Microsoft sejak 2016. Alat ini muncul dengan teknologi teks prediktif bertenaga AI untuk membuat SMS lebih mudah bagi pengguna, tetapi kali ini Microsoft mengambil langkah lebih jauh.

Dengan mengintegrasikan Bing Chat ke dalam Swiftkey, Microsoft menghadirkan tiga cara utama, yaitu Pencarian, Obrolan, dan Nada.

Setelah pengguna mengunduh dan menginstal pembaruan ke perangkat, ikon Bing Chat akan muncul di atas keyboard. Dari titik ini, pengguna akan dapat memilih bagaimana mereka ingin berinteraksi dengannya.

Obrolan tersedia untuk membantu mempermudah pengguna ketika mencari informasi suatu tempat, seperti restoran yang bagus di area tertentu dan lainnya.

Dengan fitur Nada, pengguna dapat berkomunikasi lebih efektif dengan menggunakan AI untuk menyesuaikan teks yang sedang berlangsung di situasi apa pun.

Fitur Nada juga dapat membantu pengguna terdengar lebih profesional, santai, sopan, dan cukup ringkas untuk postingan sosial atau saat mengirim email profesional.

"Kami mengandalkan begitu banyak aplikasi seluler dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk pekerjaan, kebutuhan pribadi, dan semua hal di antaranya, jadi kami ingin menempatkan fitur Bing yang didukung AI di ujung jari Anda dengan cara yang paling berarti bagi Anda," ujar Direktur Senior, Pencarian dan Pemasaran AI Microsoft, Divya Kumar, dikutip Jumat, 14 April.

Sementara di fungsi Penelusuran, pengguna dapat menelusuri web dengan cepat dari keyboard, tanpa beralih aplikasi. Fitur baru di SwiftKey ini dapat diakses di semua pasar tempat Bing baru tersedia dan siapa pun dapat menggunakan Pencarian sekarang.

Namun, untuk mengakses fitur Nada dan Obrolan pengguna wajib masuk ke Akun Microsoft yang telah disetujui untuk mengakses pratinjau Bing Chat baru.

Microsoft juga menghadirkan pembaruan pada fungsionalitas penerjemah di aplikasi Bing seluler. Kini menawarkan terjemahan maskulin dan feminin saat menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Spanyol, Prancis, atau Italia, untuk menghindari bias gender.

Pengguna dapat memilih terjemahan berdasarkan gender yang paling sesuai dengan konteks mereka. Seperti yang belum lama ini diumumkan, Bing Chat baru juga hadir di Skype.

Sejak rilis tersebut, Microsoft telah memperluas akses, sehingga setiap orang dalam grup dapat mengobrol dengan Bing Chat, hanya satu orang dalam grup yang perlu memiliki akses ke pratinjau.

Bing Chat dapat digunakan untuk, menyelesaikan perdebatan, membantu merencanakan perjalanan kelompok, atau menemukan restoran.

Sama seperti di desktop, tanggapan obrolan Bing Chat di aplikasi Skype dikutip dengan tautan web ke sumber, sehingga pengguna dapat memeriksa ulang dari mana informasi itu berasal.

Terakhir, Bing Chat juga sekarang juga tersedia melalui aplikasi Microsoft Start, untuk pengguna yang telah menghapus daftar tunggu.

Dengan integrasi Bing Chat pada Microsoft Start, alat ini dapat mengetahui hal-hal yang pengguna minati, semuanya dalam satu aplikasi.

Umpan berita yang dipersonalisasi, termasuk konten premium dari ratusan penerbit global, membuat pengguna tetap terinformasi, terhibur, dan menampilkan skor olahraga, prakiraan cuaca, harga saham, penawaran belanja, dan lainnya.